Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sukses Tekan Inflasi, Kepala BI Bengkulu Puji TPID Kota Bengkulu

BENGKULU, PB – Prestasi baru kembali diukir oleh Pemerintah Kota Bengkulu. Kali ini melalui kerja keras Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Bengkulu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu Endang Kurnia Saputra dalam Press Conferencenya pada Senin (31/7/2017) di Kantor Perwakilan BI Bengkulu.

“Kota Bengkulu berhasil menekan inflasi dari bulan ramadhan lalu hingga akhir Juli ini,” paparnya.

Inflasi per Mei berdasarkan kategori Year on Year mencapai 6,50% diprediksi terus meningkat ketika bulan Ramdhan dan hari raya. Tetapi dari data BI yang disampaikan di Kantor Pusat BI ternyata malah mengalami penurunan menjadi 5,71% hingga akhir Juli.

Adanya penurunan inflasi sebesar 0,79 % tersebut salah satunya karena adanya TPID Kota Bengkulu yang mengadakan operasi pasar murah di 9 kecamatan dan 36 titik sepanjang bulan Ramadhan. Selain itu juga Pemerintah Kota berkoordinasi dengan Bulog untuk mengeluarkan stok beras dan stok daging beku.

“TPID Kota Bengkulu adalah tim yang paling siap dibanding tim yang lain dalam meredam inflasi pangan sepanjang bulan ramadhan lalu,” ujarnya.

Salah satu kunci keberhasilan TPID ini adalah dengan bekerjasama dengan Bulog mengatasi masalah kebutuhan daging menjelang hari raya.

Bulog mengeluarkan stok daging kerbau beku dan dijual dipasaran dengan harga Rp. 80 ribu sedangkan disaat yang sama para pedagang pasar menjual daging sapi dengan harga Rp 120 ribu. Adanya disparitas harga inilah yang mendukung TPID kota Bengkulu untuk berhasil.

“Keberhasilan ini bisa menjadi modal TPID Kota Bengkulu untuk meraih award tahun depan,” pungkasnya.

Sementara itu salah satu anggota TPID Kota Bengkulu yang juga Kabag Ekonomi Pemerintah Kota Bengkulu Dandi Hartono mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Bengkulu dengan stakeholder seperti BI dan Bulog.

“Kita berharap masyarakat di kota Bengkulu dapat berbelanja dengan nyaman dengan harga yang stabil,” katanya.

Keberhasilan ini juga menjadi motivasi untuk peningkatan kinerja TPID kota Bengkulu dalam mengendalikan inflasi. Terutama mengenai inflasi pangan. “Mudah-mudahan kita bisa bahwa hasil ini dalam rapat koordinasi nasional mendatang,” tandasnya. [Media Center Kominfo Kota Bengkulu]