Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Drama Kolosal Ratu Samban Iringi Upacara HUT RI di Bengkulu Utara

BENGKULU UTARA, PB- Pemerintah kabupaten Bengkulu Utara menggelar detik-detik upacara peringatan proklamasi kemerdekaan RI ke- 72 di Alun-alun Rajo Malim Paduka, Kota Argamakmur, Kamis (17/8/2018). Bertidak selaku Inspektur upacara Bupati Bengkulu Utara, Mian.

Ditengah berlangsungnya upacara, panitia menampilkan drama kolosal tentang perjuangan pahlawan Bengkulu Utara dalam berjuang membela dan melindungi rakyat dari penjajahan kolonial belanda dimasa silam.

Drama kolosal perjuangan para pahlawan ini ditampilkan oleh Siswa-siswi SMAN 1 Bengkulu Utara dan Kodim 0423 Bengkulu Utara. Drama ini menggambarkan perjuangan Marjati atau Ratu Samban sebagai Pahlawan dari Bengkulu Utara.

Kala itu, Marjati gigih membela rakyat dan bumi pertiwi dari kekejaman dan penindasan penjajah seperti beban pajak yang tinggi dari kolonial penjajah.

Menurut sejarah, pada tahun 1874 Marjati berhasil membunuh 2 orang pejabat Belanda. Mereka adalah Hvan Amstel dan Kontlour Castens. Atas keberaniannya mengusir penjajah Marjati diberi gelar Pesirah.

Pada tahun 1887 Marjati ditangkap Belanda dan dipenjarakan di Benteng Malborough yang saat ini menjadi ikon wisata sejarah bagi Provinsi Bengkulu. Atas pertolongan pemuda-pemudi Bintunan dan rakyat setempat, akhirnya Marjati berhasil bebas dan kembali ke Bintunan.

Dalam kiprahnya, sang pahlawan selalu menyusun strategis untuk mengusir penjajah kolonial Belanda. Namun, tahun 1889, Marjati kembali ditangkap Belanda ditengah malam dan dieksekusi di atas rakit di Sungai Bintunan. Gugurnya sang pahlawan pembela rakyat membuat kesedihan yang mendalam di hati rakyat Bengkulu Utara sehingga dikenang dan dinobatkan gugur sebagai pahlawan.

Begitulah jalannya cerita drama kolosal yang mengharukan. Usai drama kolosal, dilanjutkan dengan diperingatinya detik detik proklamasi kemerdekaan RI.

Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Bengkulu Utara, Aliantor Harahap.

Hadir dalam upacara, Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), seluruh OPD, Instansi, ASN, dan Siswa-siswi SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di Bengkulu Utara. [Evi/adv]