Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bukan Surga, Tapi Bengkulu Luar Biasa

Provinsi Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang terdapat di Pulau Sumatera. Posisi Provinsi Bengkulu sangat cocok untuk menjadi tempat tujuan pariwisata karena Provinsi Bengkulu memiliki posisi geografis yang unik dengan perbatasan Samudera Indonesia di barat daya, dan Bukit Barisan di timur lautnya. Kondisi inilah yang memungkinkan hampir di tiap daerah di kelilingi pantai dan gunung.

Dari segi gunung, Bengkulu memiliki Gunung berapi yang sering disebut dengan Bukit Kaba, dimana lokasi Bukit Kaba terletak di kabupaten Rejang Lebong. Ketinggian Bukit Kaba sekitar 1.952 dari permukaan laut. Pendakian dari kaki bukit menuju pematang durian sekitar 4 jam perjalanan, dan dari pematang durian membutuhkan waktu 2 jam untuk mencapai puncak Bukit Kaba.

Memang lelah untuk mencapai puncak, namun jika telah sampai di puncak lelah yang kita rasakan akan hilang dengan keindahan yang di suguhkan. Pada malam hari pun Bukit Kaba sangat Indah, dimana kita menikmati bintang dan keindahan alam semesta yang mampu menakjubkan mata kita.

Di kabupaten Bengkulu Tengah terdapat air terjun yang sering disebut dengan Air Terjun Datar Lebar. Namun banyak yang belum mengetahui tentang air terjun yang indah ini. Lokasi air terjun ini terletak di desa Datar Lebar di kawasan Hutan Lindung Taba Penanjung.

Dari desa Bajak kecamatan Taba Penanjung kita bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju air terjun, namun setelah sampai di perkebunan sebelum mencapai air terjun, kita harus berjalan kaki sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi. Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini masih sangat alami, dengan air yang jernih, pemandangan yang kehijauan sungguh memanjakan mata. Takjub itulah yang bisa di ucapkan.

Selain air terjun, Bengkulu Tengah memiliki Pantai Sungai Suci yang sangat indah. Lokasi Pantai Sungai Suci terdapat di kecamatan Pondok Kelapa di desa Pasar Pedati, sekitar 15 km dari pusat kota Bengkulu. Pantai Sungai Suci memiliki pulau-pulau kecil yang bisa kita lewati dengan jembatan gantung, deburan ombak di pantai sungai suci ini sangat menenangkan jiwa dan sangat cocok untuk duduk santai sambil menikmati tenggelamnya matahari.

Setelah dari Kabupaten Bengkulu Tengah, kita masih di suguhkan keindahan di Kabupaten Bengkulu Utara. Di bengkulu Utara terdapat Air Terjun Kemumu. Air terjun ini berketinggian sekitar 30 meter. Lokasi terletak di desa Kemumu kecamatan Arma Jaya yang berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Bengkulu. Setelah di lokasi air terjun, kita harus menuruni sekitar 200 anak tangga, selanjutnya berjalan sekitar 500 meter dari anak tangga. Dan sampailah untuk menikmati air yang jernih, sejuk, dan indahnya alam.

Selanjutnya di Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu memiliki pantai yang masih sangat jarang untuk di kunjungi yaitu Pantai Linau. Pantai Linau ini berlokasi di Kabupaten Kaur. Untuk mencapai ke Pantai Linau ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam dari Bandara Fatmawati Bengkulu. Di Pantai Linau ini, pengunjung bisa menikmati keindahan air laut yang jernih bahkan bisa melihat gradasi kedalaman laut dari pinggir pantai saking jernih air lautnya.

Itulah sekilas keindahan alam yang terdapat di Provinsi Bengkulu. Sungguh menarik dan sangat indah untuk di kunjungi, bahkan masih banyak keindahan dan keunikan lainnya yang terdapat di Provinsi Bengkulu, jadi sangat menjadi pilihan untuk tujuan tempat berpariwisata. [Gema Pertiwi/Komunitas Ayo Menulis Bengkulu]