Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Aik Nelengau, Paduan Kelezatan Kuliner dan Keindahan Alam Bumi Sekundang

Bengkulu Selatan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu. Dibagian barat Bengkulu Selatan berada di pesisir pantai Samutra Hindia sedangkan dibagian timur berada dalam kawasan Bukit Barisan.

Dengan bentang alam yang sebagian berada di pesisir pantai dan sebagian di kawasan perbukitan menjadikan Kabupaten ini kaya akan tempat wisata yang indah, berupa tempat wisata laut seperti pantai dan tempat wisata perbukitan yang masih hijau seperti sungai dan air terjun.

Selain tempat-tempat wisata tersebut Bengkulu Selatan juga menyediakan tempat wisata kuliner yang sudah terkenal sampai ke Provinsi, baik Provinsi Bengkulu maupun Provinsi tetangga. Nama tempat wisata kuliner itu adalah Aik Nelengau.

Aik Nelengau merupakan salah satu nama sungai yang berada di Desa Muara Pulutan Kecamatan Seginim. untuk dapat kesana bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit dari jalan lintas barat Sumatera dari simpang tiga Kayu Kunyit, sekitar 25 menit dari pusat Kota Manna dan 3-4 jam jika dari Kota Bengkulu.

Di Aik Nelengau berdiri belasan pondok makan lesehan dengan bangunan bernuansa tradisional. Pondok-pondok ini menyediakan menu-menu khas kuliner Bengkulu Selatan diantaranya gulai ikan pelus, gulai ikan palau, gulai ikan mungkus, gulai ikan gabus dan lain-lain. Menu-menu ini hanya mudah ditemukan di Bengkulu Selatan. Walaupun menu-menunya hanya berasal dari olahan ikan, tetapi memiliki cita rasa masakan yang sangat khas sehingga rasanya sulit untuk ditemui di daerah lain.

Pemandangan aliran sungai Aik Nelengau yang indah dan hutan-hutan yang menambah segarnya udara disekitar pondok-pondok menjadikan suasana semakin santai dan betah berada lebih lama disana sambil menikmati menu yang dihidangkan.

Pondok-pondok ini berjualan setiap hari bahkan dihari libur sekalipun. Jika hari libur besar seperti hari Raya atau Tahun Baru tempat wisata kuliner ini akan semakin banyak pengunjungnya. Penggemar tempat wisata kuliner ini tidak hanya dari Bengkulu Selatan tetapi ada juga yang dari luar Bengkulu selatan. Alasannya tidak lain karena harga yang ditawarkan cukup murah sekitar 20 ribu rupiah per porsi dan para pengunjung sudah bisa mencicipi masakan khas Bengkulu Selatan di sini.

Ciri khas yang terdapat di tempat wisata kuliner Aik Nelengau seperti cita rasa pada menunya, pemandangan yang indah, suasana yang nyamandan bernuansa tradisional serta para pedagang yang yang ramah membuat tempat wisata kuliner khas Bengkulu Selatan “Aik Nelengau” tidak akan terlupakan oleh para pengunjung. Karena memiliki ciri khas yang menjadi keistimewaan dan memiliki nilai tambah bagi Kabupaten Bengkulu Selatan, alangkah baiknya jika kita dapat mngoptimalisasikan potensi tersebut dengan sebaiknya.

Optimalisasi potensi Bengkulu Selatan sangat penting karena bisa menjadikan Bengkulu Selatan dikenal keberagamannya. Dengan adanya tempat wisata kuliner Aik Nelengau, maka Bengkulu selatan akan terkenal, mulai dari mancanegara sampai wisatawan luar negeri yang ingin berkunjung ke Bengkulu Selatan untuk merasakan menu makanan khas yang terdapat di tempat wisata kuliner Aik Nelengau.

Sebaiknya pondok-pondok yang terdapat di tempat wisata kuliner aik Nelengau harus ditingkatkan dan ditata sedemikian rupa baik dari segi tempat maupun menu-menunya, karena semakin tempat wisata tersebut memiliki keistimewaan maka tempat wisata dan makanan khas Bengkulu Selatan akan semakin lestari dan banyak diketahui oleh orang-orang.

Oleh karena itu, marilah kita Optimalisasikan Potensi Bengkulu Selatan mulai dari sekarang demi kemajuan bersama. Kita harus segera bangun dan berupaya untuk mewujudkannya. [Tiara Widya Ningrum/Komunitas Ayo Menulis Bengkulu]