Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sebelum Warga Amerika Tenggelam, Pemilik Warung di Pantai Panjang Selamatkan Tiga Nyawa



BENGKULU, PB - Informasi mengenai warga negara Amerika Serikat yang tenggelam berawal dari laporan pertolongan korban tenggelam di Pantai Panjang, 4 Maret 2017 pukul 15.00 WIB oleh Polsek Ratu Samban.

Korban tenggelam di Belakang BIM, Penurunan. Tim Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulance PMI Kota Bengkulu, mendatangi TKP dan melakukan assesment.

Diketahui 5 orang wisatawan berkebangsaan Amerika, Timothy Adams (35 thn), Toni (19 thn), Joshaya (15 thn) Benjamin (10 thn) dan Daniel (6 thn) sedang berdarmawisata di Pantai Panjang.

Pemilik warung dan penduduk sekitar sudah memberikan peringatan untuk tidak berenang, namun tidak diindahkan.

Kecuali Josaya, semuanya berenang dan akhirnya terbawa arus, Daniel berhasil dibawa ke pinggir oleh Toni yang kemudian kembali ke air untuk membantu yang lain. Dibantu oleh Pak Ujang, pemilik warung yang kebetulan sedang memasang jaring disana, Toni dan Benjamin akhirnya bisa diselamatkan. Namun Timothy sudah tidak terlihat lagi.

PMI Kota Bengkulu segera menghubungi PMI Provinsi, BPPD dan BASARNAS yang kemudian mengumpulkan dinas/Instansi lainnya.

PMI, BPBD, TAGANA, BASARNAS, Pol Airud, Polresta, Polsek Ratu Samban, ORARI menurunkan tim untuk melakukan pencarian dan penyusuran pantai yang langsung dikomandoi oleh Patriana Sosialinda (wakil walikota), Selupati (Kepala BPBD Kota), Agolo (Kakansar) dan Usman Yasin (waka bidang PB PMI Kota) dibantu oleh anggota SIBAT Sumber Jaya (Sagitarius) dan SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) Kelurahan Penurunan binaan PMI Kota Bengkulu dan Japanesse Red Cross Society (JRCS) yang dipimpin langsung oleh Ibu Agustina Bahnin (Koordinator), Pak Ansori Payang (Lurah Penurunan) dan Pak Azwar (Tokoh Masyarakat Penurunan).

Sempat terjadi insiden rubber boat PMI dihempas ombak sehingga personilnya tejatuh dan saudara kita Alfiandri (Apink Doank) terkena baling-baling di betis kirinya sehingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan.

Pukul 18.30 WIB pencarian di air dihentikan dan dilanjutkan dengan penyisiran pantai.

Pukul 19.30 WIB korban dibawa ombak ke bibir pantai dan ditemukan di sekitar menara pengawas pantai / di seberang Sport Centre, kira2 100 meter dari lokasi tenggelamnya korban.

Tim PP dan Ambulance PMI Kota Bengkulu membawa korban ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk di visum dan diserahkan ke pihak keluarga dan imigrasi untuk ditindaklanjuti.

Di RS Bhayangkara, didampingi oleh Ainul Mardiati selaku pengurus kota PMI Bengkulu, memberikan support bagi relawan PMI yang sudah melaksanakan tugasnya. [Dm]