Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Data Warga Miskin Divalidasi

Dinas Dukcapil Provinsi Tempati Kantor Baru

BENGKULU, PB - Dinas Pendudukkan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu, resmi menempati kantor baru di jalan Pembangunan Padang Harapan Kota Bengkulu. Dalam kesempatan tersebut, Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, melakukan rapat bersama Gubernur Ridwan Mukti, terkait elektronik KTP atau e-KTP yang telah diluncurkan beberapa hari lalu, guna validasi data kependudukan di Provinsi Bengkulu.

Dalam pemaparannya, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, M. IKhwan, menyampaikan beberapa temuan pihaknya terkait dengan data e-KTP. Dijelaskannya, ada beberapa kendala yang ditemui pihaknya, khusus data warga miskin di Provinsi Bengkulu, diantaranya adanya data kependudukan yang masih belum singkron dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Provinsi Bengkulu.

Dimana pada pengimputan data warga miskin hanya menggunakan data nama, alamat serta Nomor Urut Rumah Tangga (NURT), sedangkan pihaknya memakai sisitim pengimputan data nama, alamat dan Nomor induk Kependudukan (NIK ).

“Kami sudah berdiskusi dengan Asisten I, Bappeda dan pihak Stastistik, dimana ada ketidaksingkronan data, karena kita mengimput by name, by address, dan by NIP, namun TNP2K pengimputan data tanpa NIP, hanya memakai NURT,” paparnya saat rapat dengan Gubernur, di Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, Kamis (9/3).

Untuk itulah, pihaknya telah menerjunkan petugas guna melakukan singkronisasi dengan cara melakukan validasi di lapangan.

Diharapkan dengan begitu, lanjutnya, data KTP yang telah di miliki seluruh warga miskin yang ada di kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu dapat singkron, sehingga tidak ada lagi warga miskin yang tidak terdata dengan baik.

Menanggapi pemaparan yang disampaikan M. Ikhwan, Gubernur Ridwan Mukti sangat mengapresiasi gerakan yang dilakukan Dinas Dukcapil, walaupun dinas ini baru terbentuk, namun rencana kerja dan aksi yang telah dilakukan sangat baik,

“Saya apresiasi kinerja Dukcapil ini, saya ingin hal seperti ini dapat terus dibangun, walupun masih minim fasilitasnya,” ungkap Ridwan Mukti.

Ridwan Mukti mengatakan, e-KTP ini sangatalah bermanfaat dari segala sisi, karena kedepannya nanti, KTP ini akan menjadi single indentifikasi number, dimana setiap manusia dari lahir hingga meninggal dunia hanya memiliki satu indentitas diri saja.

Disamping itu juga, jelasnya, e-KTP ini juga akan dikoneksikan ke berbagai dinas terkait, sehingga setiap orang akan terpantau indentitas diri maupun harta bendanya, serta dapat membantu berbagai pihak terkait yang memerlukan indentitas seseorang.

“E-KTP ini merupakan basic data yang dapat memantau data tentang seluruh warga, serta dapat menghindari berbagai kecurangan data kependudukan seseorang, karena akan terkoneksi ke bebagai instansi ” sebut Ridwan Mukti.

Ridwan Mukti juga berharap data seluruh penduduk Provinsi Bengkulu dapat terdata hingga 100 persen, dengan begitu dapat mempermudah pemerintah untuk mengawasi penduduknya serta dapat memetakan apa yang diperlu di dahulukan dalam pembangunan.

Usai melakukan rapat, Ridwan Mukti bersama dengan Kepala Dinas Dukcapil serta Dinas Kominfo juga berkesempatan melihat seluruh ruangan kantor baru Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, yang dahulunya merupakan kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu. [MS]