Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Jabatan Kepala Sekolah Jangan Jadi 'Jualan'

pungliBENGKULU, PB - Peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan, hal ini sekaligus menekankan bahwa output-nya adalah siswa berkarakter dan berprestasi. Tentu saja, Pemerintah Daerah bakal menuntut kepala sekolah untuk berperan dan bertanggungjawab terhadap kualitas proses dan hasil belajar guna peningkatan mutu.

"Tidak ada lagi jabat kepala sekolah harus bayar, saat ini benar-benar dibutuhkan leadership yang mampu menciptakan lulusan enterpreunership," ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Erlangga saat memberikan keterangan pers di Media Center, Selasa (13/12).

Erlangga membeberkan, di Provinsi Bengkulu setidaknya tak kurang dari 90 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Lulusannya, harus benar-benar dipersiapkan sehingga keahlian yang didapatkan bisa bermanfaat, bukan sebaliknya, justru menciptakan pengangguran. "Bengkulu punya prospek ekomoni yang bagus, salah satunya sektor pariwisata yang tentunya mampu menciptakan peluang-peluang strategis lainnya," ucapnya.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu, Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu menggelar seminar nasional dengan tema "Menjawab Tantangan Globalisasi dan Bonus Demografi Melalui Bengkulu Berkompeten,". Seminar yang diikuti seluruh Kepala Sekolah SMK seluruh Provinsi Bengkulu saat itu bertujuan memfokuskan target lulusan yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

"Peran Kepala Sekolah menjadi sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan ini, jadi tidak ada lagi itu bayar-bayar jabatan," tegas Erlangga.

Kendati demikian, dirinya tak mengungkap telah terjadi 'transaksi' jabatan kepala sekolah, hanya berangkat dari isu. Erlangga kembali tegaskan, tugas peningkatan mutu pendidikan menjadi tugas pemerintah dan berbagai pihak terkait. Meski dalam keterbatasan anggaran yang dimiliki Provinsi Bengkulu, dirinya minta semua pihak untuk benar-benar mempersiapkan siswa menjadi lulusan yang produktif.

"Peningkatan kompetensi guru, alokasi anggaran yang sesuai amanah Undang-undang terus diupayakan. Kita harus persiapkan menjadi Bengkulu yang berkompeten," demikian tutup Erlangga yang saat ini merangkap jabatan sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan. [MS]