Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Selamat untuk Thailand Juara Piala AFF 2016

Thailand 5 Kali Juara, Timnas Indonesia 5 Kali Runner-up


011093700_1481980844-20161217-indonesia_vs_thailand-hel_4-1 015158100_1481980505-_thailand_gol_01

 

 

 

 

 

THAILAND, PB - Mimpi skuad Merah Putih untuk membawa Piala AFF 2016 dipertandingan final melawan Thailand, Sabtu (17/12/2016) kembali lepas.  Dalam laga yang digelar di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016), skuad Merah Putih harus mengakui keunggulan Thailand di leg kedua final Piala AFF 2016 dengan skor 2-0.

Meski Indonesia telah bermain impresif pada babak kedua, Kapten Tim Boaz Solossa tetap tidak mampu mempertahankan keunggulan 2-1 di leg pertama saat menjamu Thailand. Dengan begitu, Thailand menang dengan agregat gol 3-2 dan berhasil menjuarai Piala AFF 2016.

Dengan hasil tersebut tim asuhan Kiatisuk Senamuang mampu mempertahankan gelar juara Piala AFF yang juga mereka raih pada 2014 lalu. Hasil itu juga membuat Thailand sebagai negara peraih trofi Piala AFF terbanyak, yaitu ima kali (1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016).

Dua gol kemenangan Thailand diborong oleh Sirod Chattong. Tertinggal dua gol, pelatih Alfred Riedl memasukkan tenaga baru di lini depan Indonesia lewat Lerby Eliandry menggantikan Zulham Zamrun dan Ferdinand Sinaga atas Rizky Pora. Namun usaha itu juga tak membuahkan hasil.

Pada menit 81, Thailand punya peluang emas untuk menambah gol setelah mendapat hadiah tendangan penalti akibat pelanggaran yang dilakukan Kurnia Meiga. Namun eksekusi penalti Teerasil Dangda mampu ditepis oleh Meiga.

Dalam keadaan tertinggal dua gol dan di masa injury time, Timnas Indonesia justru harus bermain dengan 10 pemain lantaran Abduh Lestaluhu dikartu merah wasit karena bertindak tidak sportif kepada pemain cadangan dan ofisial Timnas Thailand. Abduh menendang bola ke arah bangku cadangan Timnas Thailand setelah kesal karena bola tidak kunjung diberikan oleh ofisial Timnas Thailand.

Sampai laga berakhir tak ada tambahan gol dan Indonesia harus puas menjadi juara kedua Piala AFF untuk kelima kalinya. Untuk kelima kalinya dalam sejarah turnamen hanya selesai sebagai runner-up, kutukan sebagai spesialis finalis atau runner-up masih melekat buat Tim Merah Putih.

Tim Merah Putih memang lima kali masuk final Piala AFF 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016  tapi semuanya berujung kegagalan. Meski demikian kita harus menghargai kerja keras para pemain timnas Indonesia. Kita juga harus memberi selamat pada Thailand yang berhasil menjuarai Piala AFF 2016.

Untuk diketahui, Sejak tahun 1996 lalu, sudah sepuluh kali Piala AFF, atau yang kini dikenal dengan nama AFF Suzuki Cup, diselenggarakan. Thailand dan Singapura masing-masing berhasil menjadi juara sebanyak empat kali. Sedangkan Vietnam dan Malaysia berhasil menjadi juara sekali.

Susunan pemain:

Thailand: Kawin Thamsatchanan, Theerathon Bunmathan, Tristan Do, Prathum Chutong, Adison Promrak, Sarach Yooyen, Charyl Chappuis (Pokklaw Anan, 82'), Tanaboon Kesarat, Chanathip Songkrasin, Siroch Chatthong (Sarawut Masuk, 89'), Teerasil Dangda.

Cadangan: Sinthaweechai Hathairattlanakool, Chanin Sae-Ear, Peerapat Notechaiya, Kroekrit Thawikan, Mongkol Thosakrai, Aduh Lahsoh, Sarawut Masuk, Koravit Namwiset, Pokklaw Anan, Rungrat Phumichantuk, Prakit Deeprom, Praweenwat Boonyong.

Indonesia: Kurnia Meiga, Beny Wahyudi (Dedi Kusnandar 46'), Hansamu Yama Pranata, Fachrudin Aryanto, Muhammad Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Rizky Pora (Ferdinand Sinaga 72'), Zulham Zamrun (Lerby Eliandry 63'), Stefano Lilipaly, Boaz Solossa.

Cadangan: Teja Paku Alam, Andritany Ardhiyasa, Abdul Rahman, Evan Dimas Darmono, Ferdinand Sinaga, Dedi Kusnandar, Lerby Eliandry, Rudolof Yanto Basna, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Bayu Gatra, Gunawan Dwi Cahyo.* (Diolah dari berbagi sumber)