Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Manfaat Kacang Ercis dapat Memperpanjang Umur

kacang-polong_20161119_132333Mengkonsumsi kacang ercis atau sering disebut juga kacang polong ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung. Sayangnya bagi masyarakat Indonesia, kacang ercis belum menjadi menu makanan tambahan, padahal di luar negeri peminatnya cukup tinggi, karena mereka terbiasa mencampurkannya dalam menu sehari-hari dengan aneka masakan.

Kacang ercis menjadi salah satu makanan favorit di luar negeri karena selain rasanya enak, manis dan dapat dijadikan pelengkap makanan berat, kaya akan gizi. Ada yang dijadikan salad, sup, sayuran, dibekukan, dijadikan bahan tepung dan lain-lain. Karenanya banyak penilitian terkait kacang ercis sebagai menu makanan yang bisa meningkatkan harapan untuk berumur panjang.

Pola hidup dan makanan instan menjadi pemicu serangan jantung sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Risiko gagal jantung terjadi karena jantung menjadi terlalu lemah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Para ilmuwan mengatakan, pria yang rutin mengonsumsi kacang polong, kemungkinannya untuk meninggal akibat gagal jantung dapat berkurang hingga 50 persen.

Bahan utama pada kacang ercis yang memiliki peran pertahanan terhadap penyakit jantung adalah senyawa alami yang disebut spermidine. Senyawa yang juga ditemukan dalam makanan seperti keju biru, hati ayam, dan kerang. Spermidine dianggap penting bagi pertumbuhan jaringan yang sehat.

Dalam laporan jurnal Nature Medicine menyebutkan beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan kadar tinggi spermidine juga dapat memperlambat proses penuaan dan melindungi kesehatan jantung. Dan untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, tim peneliti internasional yang dipimpin oleh para ilmuwan dari University of Graz, Austria, telah melakukan dua percobaan.

Salah satu percobaan dilakukan pada hewan. Peneliti memberikan tikus air minum yang dicampur dengan tingkat tinggi spermidine untuk melihat apakah itu membuat mereka hidup lebih lama. Sedangkan, percobaan kedua dilakukan pada manusia, dengan melibatkan 800 orang, untuk melihat hubungan antara konsumsi makanan kaya spermidine dengan tingkat gagal jantung.

Hasil penelitian menunjukkan, tikus yang diberi senyawa tersebut dapat hidup 20 sampai 30 hari lebih lama daripada mereka yang tidak diberikan spermidine. Dan pria yang makan kacang polong atau makanan kaya spermidine lain, 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena gagal jantung.

Para ilmuwan mengatakan, tikus dapat hidup lebih lama karena spermidine memicu tubuh untuk melakukan proses yang disebut autophagy, yaitu proses daur ulang sel-sel yang rusak. Bahkan, meningkatkan asupan di awal 40an dapat memiliki efek yang lebih kuat, kata para peneliti.

Tahun lalu, tim lain dari akademisi menemukan spermidine membantu mencegah kanker, Alzheimer dan penyakit Parkinson. Spermidine bekerja dengan memperlambat jam internal tubuh, sehingga sel akan lebih lama "muda" dan kurang rentan terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia.

Selain itu, Omega 3 merupakan lemak tak jenuh yang berperan melawan lemak jahat atau kolestrol penyebab penyakit – penyakit akut seperti jantung. Disamping omega 3 terdapat pula kandungan zat lainnya yang baik untuk kesehatan jantung seperti fitonutrien, sapion, flavanol. Flavanol bermanfaat sebagai zat anti pembekuan darah, penyebab resiko penyakit jantung.

Manfaat kacang ercis lainnya tentu masih banyak, seperti antioksidan untuk meregenerasi sel rusak, mencegah konstipasi, kaya protein untuk energi, kandungan zat folatnya untuk mencegah osteoporosis, menurunkan gula darah, mengandung vitamin C, kandungan karatenoidnya dapat melindungi mata, menurunkan kolesterol dan meningkatkan masa otot.  (Yn)

*Diolah dari berbagai sumber