Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gusnan : Sia-Sia, PU Jangan Bongkar Perbaikan Jembatan Hasil Gotong Royong

15086190_1260942807304571_2043532005_n15135539_1260942730637912_1609849464_nBENGKULU SELATAN, PB - Setelah jembatan gantung Air Selepa diperbaiki secara swadaya dan gotong-royong oleh warga enam desa di Kecamatan Seginim dan Air Nipis. Tiba-tiba Dinas Pekerjaan Umum (PU) berencana akan membongkar pekerjaan hasil jerih payah warga bersama pihak Polres Bengkulu Selatan ini. Alasannya, anggaran perbaikan jembatan tersebut sudah masuk dalam APBD Perubahan.

Baca: Diabaikan Pemerintah, Warga Enam Desa Swadaya Perbaiki Jembatan

Kontan saja rencana tersebut mendapat penolakan dari warga. Seperti yang diungkapkan salah seorang ioleh tokoh masyarakat Seginim Wadimin. Menurutnya, warga tidak terima jika pekerjaan mereka dibongkar.

"Kenapa baru sekarang Dinas PU bilang kalau ada anggaran perbaikannya. Ini kurang koordinasi dan kurang sosialisasi. Sudah sangat sering sekali kami sampaikan. Kok baru sekarang bilang ada anggarannya. Sedangkan kami butuh akses jalan transportasi cepat. Kalau PU ngotot tetap mau dibongkar, ini menimbulkan pertanyaan. Ada apa?" ujar Wadimin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa Penandingan ini.

Sementara itu, Wakil Bupatu Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyarankan Dinas PU Bengkulu Selatan agar tidak membongkar pekerjaan hasil gotong royong masyarakat ini. Karena, menurut Gusnan perbaikan jembatan tersebut sudah menelan biaya dan tenaga.

"Sebaiknya jangan dibongkar, itu pekerjaan yang sia-sia, uang sudah keluar sebagai biaya, tenaga masyarakat yang bekerja secara swadaya sudahh tercurah. Kan PU sudah tahu jembatan sudah rusak parah, seharusnya segera diperbaiki. Kita bangga dengan masyarakat yang sifat gotong-royong masih terjaga" ujar Gusnan.

Terkait dengan anggaran perbaikan jembatan yang sudah masuk di APBDP, lanjut Gusnan solusinya cukup dikembalikan ke kas negara. "Biar menjadi silva saja tidak masalah, kan masih bisa dimanfaatkan tahun depan," pungkas Gusnan.

Sebelumnya, PPTK Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkulu Selatan Warasman kepada awak media mengaku terkejut atas kegiatan peebaikan jembatan secara swadaya oleh warga tersebut. Dirinya sempat mengatakan akan membongkar lantai jembatan yang yang diperbaiki warga tersebut. Selanjutnya akan diperbaiki sesuai rencana teknis dan anggaran yang sudah diakomodir dalam APBDP Bengkulu Selatan. (Apd)