Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dinkes Deteksi 9 Orang dengan HIV/Aids

sosialisasi-tentang-hivaids-di-rlREJANGLEBONG, PB - Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Asli Samin mengatakan, jika tahun 2016, pihaknya telah mendata 9 warga yang mengidap penyakit HIV/AIDS atau yang lebih sering dikenal dengan istilah ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Ini tersebar secara merata di sejumlah kecamatan wilayah perkotaan Curup.

"Pendataan masih terus kita lakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS di kalangan warga," ujar Asli Samin, Sabtu (15/10/2016).

Dikatakan Asli, langkah lain untuk melakukan pendataan, pihaknya telah menjadikan dua puskesmas yaitu Puskesmas Curup dan Puskesmas Perumnas untuk melakukan pemeriksaan VCT secara rutin kepada mereka yang rentan terkena HIV/Aids.

"Tahun ini, rencananya kita akan menambah lagi jumlah puskesmas yang yang dapat melakukan pemeriksaan VCT, yaitu Puskesmas Sambirejo, Puskesmas Curup Timur dan Puskesmas Padang Ulak Tanding. Sekarang masih dalam persiapan," ujar Asli.

Selain itu, tambahnya, upaya pemutusan perjalanan penyebaran HIV/AIDS juga dilakukan dengan cara sosialisasi sadar bahaya HIV/AIDS yang akan melibatkan seluruh pihak. Baik pemerintah daerah, aparat hukum serta sejumlah aktifis HIV/AIDS.

(Baca juga : 50 Warga Rejang Lebong Tewas Akibat HIV/AIDS)

"Semoga, dengan cara ini tahun depan jumlah ODHA tidak bertambah, " harap Asli. [Ifan]