Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Laba Bank Asing Naik 45,2 Persen

Bank AsingJAKARTA, PB - Sepanjang semester I 2016, bank asing membukukan kinerja cukup bagus. Hal ini tercermin dari laba bersih bank asing yang naik 45,19% year on year (yoy) menjadi Rp 4,93 triliun. Kenaikan laba bersih ini didukung kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 12,37% yoy, serta penurunan beban operasional sebesar 26,91% yoy.

Walau terjadi kenaikan kinerja, tercatat kredit bank asing turun sebesar 6,65% yoy menjadi Rp 248,9 triliun . Sedangkan dari sisi dana pihak ketiga (DPK) masih naik tipis 0,2% yoy menjadi Rp 200 triliun.

Bank asing tak nafsu di kredit UMKM Dari sisi kualitas kredit tercatat non performing loan (NPL) naik 71 bps menjadi 2,4%. Kenaikan NPL diimbangi dengan CKPN yang naik 71% yoy menjadi Rp 7,9 triilun.

Kinerja bank asing diperkirakan akan lebih bagus lagi pada semester kedua 2016. Hal ini didukung beberapa faktor, salah satunya adanya program tax amnesty. Seperti diketahui, dari 18 bank peserta tax amnety beberapa diantaranya merupakan bank asing.

Sejumlah bank asing tercatat sudah mempunyai strategi pada semester 2 2016 untuk meningkatkan kinerja. Chief Financial Officer (CFO) Standard Chartered Bank Indonesia, Lea Kusumawijaya mengatakan, kinerja bank asing pada semester kedua akan banyak dipengaruhi pemulihan kondisi makro ekonomi secara menyeluruh.

Menurut Lea, Standard Chartered Bank terus mengembangkan strategi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di Indonesia, khususnya di segmen komersial dan korporasi. "Di samping itu, kami juga akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan mempertahankan manajemen risiko yang kuat sejalan dengan prinsip prudensial," ujar Lea, Rabu, (31/8). [Sumber: Kontan]