Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Menpan Baru Batal Pecat 1 Juta PNS

PNSPemprovAplePagi 1JAKARTA, PB – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang baru, Asman Abnur, membatalkan rencana pemecatan atau rasionalisasi 1 juta orang pegawai negeri sipil (PNS) yang sempat diwacanakan oleh Yuddy Chrisnandi.


(Baca: Soal Rasionalisasi PNS, Ini Penjelasan Menteri)


Asman beralasan, pemangkasan jumlah PNS saat ini telah berjalan secara otomatis seiring dengan masa pensiun para PNS. Namun, ia menyampaikan pertumbuhan PNS akan dilakukan dengan proses zero growth. Dengan begini maka, pengurangan jumlah PNS akan terjadi bertahap tiap tahunnya.


“Misalnya terdapat 150 ribu PNS yang memasuki masa pensiun, maka pemerintah hanya akan membuka penerimaan PNS tak lebih dari 100 ribu orang,” kata Asman.


Apalagi, menurutnya, beberapa daerah juga tercatat kekurangan PNS. Dengan demikian, maka para PNS akan diberikan pendidikan sesuai dengan keahliannya untuk meningkatkan kualitas kinerja aparatur sipil negara.


“Masih banyak daerah yang membutuhkan PNS, seperti di daerah perbatasan. Misal, mereka butuh dokter, ternyata dokternya numpuk di kota. Kita konsentrasi di situ,” ujar dia.


Ia menilai, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan arahan agar pertumbuhan jumlah PNS tak terlalu besar. Caranya dengan memanfaatkan informasi teknologi yang semakin berkembang. [GP]