Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bupati Pesan CJH Benteng Jangan Banyak 'Belanjo'

kedatangan-hajiBENGKULU TENGAH, PB - Bupati Bengkulu Tengah, Dr H Ferry Ramli dalam pelepasan CJH asal Benteng di halaman Kantor Bupati, Senin (8/8) menyampaikan pesan tersendiri kepada warga yang akan menunaikan rukun Islam ke 5 itu. Kepada jamaah calon haji, Ferry berpesan agar tidak terlalu banyak membeli barang untuk keperluan oleh-oleh. Karena hal itu bisa merusak konsentrasi ibadah dan mengganggu jadwal penyelenggaraan ibadah haji.

"Daftar Tunggu Haji Warga Benteng 11 Tahun"

"Kepada datuk-datuk dan nenek kito yang sudah tuo ini, saya pesan kalau di tanah suci kelak jangan banyak belanjo, karena itu tidak akan sampai ke rumah karena langsung disingkirkan petugas akibat kelebihan berat. Jadi saya ingatkan belilah yang seperlunya, sewaktu ditimbang bila berat bawaan bapak ibu berlebih langsung dibuang petugas. Jadi mubazir beli banyak," kata Ferry.

Selanjutnya Bupati berpesan agar senantiasa berhati-hati di tanah suci karena di sana bukan negara kita yang tatacara dan kebiasaannya sangat berbeda. Sehingga dia mengharapkan agar seluruh jamaah taat aturan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan ibadah haji.

"Saya harapkan kepada calon jemaah haji agar mematuhi pada aturan penyelenggara haji, jangan sampai sewaktu di sana (tanah suci) lantaran melanggar ada jemaah yang tersesat, atau kebingungan. Kalau ragu langsung tanya pada ketua regu, jangan icak-icak tau," sampai Ferry.

Lebih jauh, Ferry mengingatkan kepada Jamaah asal Benteng agar tidak mudah tergoda dengan rayuan warga Indonesia yang menetap di sana menawarkan fasilitas menyentuh Hajar Aswad. Karena hal itu justru akan merepotkan CJH itu sendiri lantaran berdesakan dengan jutaan warga negara lain.

"Kalau di tanah suci itu banyak orang Indonesia yang menetap lama, berdagang yang macam-macam, masakan tradisional, Jawa, Padang, Madura, tempoyak pun ada! Namun kalau yang menawarkan menyentuh Hajar Aswad, jangan digubris karena kita tidak tahu kondisi di sana bisa jadi bapak-ibu berdesakan dan terinjak-injak di sana, hati-hati," kata Bupati.

Tak lupa Bupati Benteng meminta doa para Jamaah Haji asal Benteng agar selama pelaksanaan ibadah haji berjalan aman, damai, dan lancar. sehingga roda pembangunan dapat terus dijalankan. "Kami pemda Benteng juga meminta doa kepada Jemaah agar selama pelaksanaan Pilkada di Benteng, berjalan aman, damai dan lancar," ungkap Ferry. (Dedy Irawan)