Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Presidium Pemekaran 3 Kecamatan Kembali Dihidupkan

kantor bupati bengkulu tengahBENGKULU TENGAH, PB - Rencana dibentuknya 3 kecamatan baru di Bengkulu Tengah kini kembali diperkuat. Setelah Kamis (14/7) pagi kembali diadakan pertemuan lintas kecamatan bersama Asissten I dan Sekda Benteng, Muzakkir Hamidi di kantor Bupati Benteng desa Ujung Karang, Kamis (14/7).

Pemekaran 3 kecamatan ini diklaim merupakan aspirasi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih optimal dari pemerintah serta upaya percepatan pembangunan di Bengkulu Tengah.

"Dari 3 (bakal) kecamatan, memang kecamatan Talang Boseng yang masih belum mendapat kendala dari beberapa desa, di antaranya desa Kota Titik dan Talang Panjang yang berada di kecamatan Bang Haji. Namun kami optimis hingga awal Januari 2017 mendatang, pembentukan kecamatan Talang Boseng sudah bisa dibahas di Dewan (DPRD Benteng-red)." kata Nurmansyah, Camat Pondok Kelapa kepada pedomanbengkulu.com.

Ke 3 kecamatan yang akan dibentuk yaitu; Kecamatan Semidang Lagan, Kecamatan Gunung Bungkuk dan Kecamatan Talang Boseng. Semidang Lagan nantinya akan berpusat di desa Karang Nanding, Kecamatan Karang Tinggi, Kecamatan Gunung Bungkuk akan dipusatkan di Rena Lebar bagian Kecamatan Karang Tinggi, dan Kecamatan Talang Boseng, dipusatkan di Talang Boseng, wilayah Kecamatan Pondok Kelapa.

"Khusus kecamatan Talang Boseng, aspirasi masyarakat ini sudah ada sejak 4-5 camat lalu yang memimpin sebelumnya. Namun karena belum ada kesepahaman, beberapa desa ada yang keberatan jadinya tertunda. Sedang kecamatan Gunung Bungkuk dan semidang Lagan sudah dibahas di dewan (DPRD Benteng), bahkan sudah ke Gubernur dan Kementerian (Kemendagri-red)," tambah Nurmansyah.

Nurmansyah menjelaskan syarat pembentukan kecamatan sekurang-kurangnya didukung 10 desa. Khusus kecamatan Gunung Bungkuk, dibentuk berdasar UU No 24 Tahun 2008 tentang pembentukan kabupaten Benteng, dimana ibukota kabupaten berlokasi di Gunung Bungkuk, yang saat ini berada di Rena Lebar. "(Pemenuhan aspirasi) Ini tidak ada kaitan dengan Pilkada tetapi berdasar aspirasi masyarakat," paparnya. (Dedy Irawan)