Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemerintah Lakukan Imunisasi Ulang

vaksin palsu1JAKARTA, PB - Pemerintah akan melakukan imunisasi ulang terhadap para pasien yang diduga terdampak vaksin palsu. Imunisasi tersebut akan dilakukan Senin (18/7/2016), dimulai di Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur.


"Pasien akan diimunisasi dengan vaksin asli di Puskesmas," kata Ketua Satgas, Maura Linda Sitanggang.


Sebelum dilakukan imunisasi ulang, Satgas bekerja sama dengan Puskesmas dan aparat setempat telah melakukan komunikasi dengan orang tua dan pemeriksaan pasien. Hal ini diperlukan untuk memastikan nama pasien, usia dan jenis vaksin yang didapatkan.


(Baca juga: Kemenkes Data Penerima Vaksin Palsu)


Menyinggung imunisasi ulang di 14 rumah sakit yang terduga menggunakan vaksin palsu, Maura mengatakan saat ini Satgas sedang melakukan persiapan. "Satgas dalam proses verifikasi data pasien sekaligus menyiapkan imunisasi ulang," jelas Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan tersebut.


Sekedar informasi, Satgas Vaksin Palsu yang terdiri dari Kemenkes, BPOM, Bareskrim Polri dan IDAI telah melakukan pendalaman paska diumumkannya rumah sakit yang diduga gunakan vaksin palsu. Selain melakukan pendataan nama pasien yang mendapatkan vaksin palsu, Satgas melakukan audit pelayanan kefarmasian yang dijalankan rumah sakit.


"Audit dilakukan dari proses perencanaan, penggunaan dan pemusnahan limbah vaksin. Disamping itu, Satgas juga mendalami kemungkinan keterlibatan pihak manajemen," tutup Maura. [GP]