Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tunggakan Capai Rp 3 Milyar, Listrik Pelanggan 7 Kecamatan Terancam Diputus

listrik plnREJANG LEBONG, PB - Belakangan terungkap jika tunggakan pembayaran rekening listrik PT PLN Rayon Curup, Kabupaten Rejang Lebong saat ini mencapai Rp 3 miliar. Tunggakan terbesar dari 7 kecamatan yang berada di wilayah Lembak.

Lihat juga14% Penduduk Belum Nikmati Listrik dan Kenaikan Tarif Listrik Diprediksi Pengaruhi Inflasi serta RM: Bengkulu Masih Krisis Listrik

Kepala Supervisor Pelayanan Pelanggan dan Administrasi Keuangan PT PLN Rayon Curup, Aini Kusningsih mengatakan besaran tunggakan sudah berlangsung antara 4-12 bulan yang mencapai 1.374 pelanggan.

"Dari 66.456 jumlah sambungan atau pelanggan yang dilayani PT PLN Rayon Curup yang menunggak pembayaran rekening di wilayah Lembak tersebar dalam tujuh kecamatan meliputi Kecamatan Pada Ulak Tanding, Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Sindang Dataran, Binduriang dan Sindang Kelingi," ungkapnya.

Sementara, untuk pelanggan di wilayah yang sama dengan jumlah tunggakan pembayaran 13 bulan keatas sebanyak 522 pelanggan. Sedangkan, sisanya sekitar 30 persen berada di delapan kecamatan lainnya dengan besaran tunggakan dua sampai tiga bulan, yakni Kecamatan Curup Kota, Curup Utara, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Tengah, Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya dan Kecamatan Selupu Rejang.

"Untuk 4-12 bulan sebanyak 122 pelanggan dan penunggak 13 bulan keatas sebanyak 12 pelanggan dan semuanya sudah di cabut atau diputuskan," ujar Aini.

Sebagai langkah untuk mengurangi jumlah tunggakan pelanggan PLN, pihaknya saat ini tengah menurunkan dua unit tim khusus penagihan yang turun ke tujuh kecamatan di kawasan Lembak, dengan mengutamakan langkah pendekatan secara kekeluargaan sehingga tidak menimbulkan gesekan antara petugas dengan pelanggan.

"Kami mengimbau kalangan pelanggan yang masih menunggak pembayaran rekening listrik agar segera melunasinya, jika sampai menunggak, PLN akan melakukan pemutusan aliran listrik ke rumah masing-masing," ujarnya. (Ifan S)