Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Berita Ramadhan: Remaja Menghidupkan Kalam Tuhan Ditengah Malam

Informasi: Kirimkan tulisan kegiatan Ramadhan anda dilengkapi foto kegiatan dan KTP. Kirim ke email: pedomanbengkulu@gmail.com. Semoga berkah Ramadhan Rp 200.000 bisa anda menangkan. Program Berita Ramadhan Berhadiah ini dipersembahan oleh Anggota DPD RI, Riri Damayanti John Latief, S.Psi. Marhaban ya Ramadhan. Mari tingkatkan amal ibadah di bulan suci ini. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1437 Hijriah


Johnn13414484_120300000012098039_683555638_ny Freddy H Siagian*

Bila remaja pada umumnya menghabiskan waktu malamnya dengan pesta kembang api dan petasan, maka berbeda dengan para remaja dan anak-anak Jl. Merapi 13 Rt 03 Rw 01, Kelurahan Kebun Tebeng, Kota Bengkulu. Mereka malah giat tadarus di malam hari.

Perasaan gembira terpancar pada remaja tersebut saat shalat tarawih usai. Anak-anak berkumpul dengan penuh suka cita menghadiri tadarus (membaca) al Quran yang dibaca silih berganti menggunakan pengeras suara.

"Kami mengadakan kegiatan keagamaan berupa tadarus Al Qur’an bersama tiap malam hari setelah pelaksanaan sholat taraweh dan setelah pelaksanaan sholat subuh di Musholah Al-Barokah. Kegiatan Tadarus Al Qur’an ini di pimpin langsung ketua pengurus Musholah Al-Barokah oleh Bapak Ramin," kata Imam Musholah Al-Baroqah H. Yanco.

Semua itu dilakukan, sambugnya, dengan satu harapan berkah Ramadhan yang telah dijanjikan Allah SWT. Melalui kegiatan positif ini para remaja dan anak-anak tidak saja menjadi hafal akan al Quran, tetapi juga menumbuhkan iman dan kecintaannya melalui Kalam Ilahi.

Menurut H. Yanco, manfaat lain saat melakukan tadarus al Quran pada saat bulan puasa adalah terciptanya kedamaian dalam hati. Allah menurunkan Alquran memang dengan tujuan memberikan penerangan bagi seluruh umat muslim. Berbagai hal di jagat raya ini tertulis dengan rapi di kitab suci ini. Mulai dari kehidupan, kematian hingga kehidupan kekal yang ada di akhirat semuanya terdapat dalam Alquran.

Pada bulan Ramadhan, lanjutnya, pahala amal kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Abu Hurairah RA meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda 'barang siapa yang memeriahkan bulan Ramadlan dengan ibadah/qiyamu ramadhan; (dan dilakukan) dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu, (Shahih Bukhari).

"Jika dirasa perlu menggunakan pengeras suara  agar menambah syiar Islam, maka hendaklah diupayakan sesuai dengan keperluan dan jangan sampai menganggu pada lingkungannya," ungkapnya.

Kemeriahan pembacaan Kalam Ilahi di Kebun Tebeng berlangsung meriah. Beberapa masjid mengadakan kegiatan yang sama. Kegiatan yang posiif yang dilakukan remaja di kampung tersebut tentu lebih baik daripada sekedar nongkrong di pantai atau di warung-warung. Bagi remaja, momen seperti ini menjadi wadah belajar mendalami bacaan al Quran.*

jonny*Warga Jalan Merpati 5, Rawa Makmur, Kota Bengkulu