Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Hasil Panen Padi Tahun Ini Meningkat 100%

panen padiBENGKULU TENGAH, PB - Pemda Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) bisa tersenyum puas dengan perolehan panen petani di kawasan ini yang meningkat hingga 100% bila dibandingkan produksi panen tahun sebelumnya. Bupati Bengkulu Tengah H Ferry Ramli tersenyum lebar saat menyabit rumpun padi pertama di desa Pekik Nyaring pada panen raya di daerah tersebut.

Baca juga: Sektor Pertanian Sumbang 20 Persen PDRB

"Ini sungguh luar biasa. Tahun kemaren berapa ibu-ibu, hasil panen 1 hektar (sawah)? (Tahun lalu) 1 hektar 4,5 Ton, tahun ini 9,12 ton. Sangat meningkat," kata Ferry sambil tersenyum lebar di tengah acara doorprize di areal persawahan 115 Ha itu, baru-baru ini.

Salah satu PPL di desa Pekik Nyaring mengungkapkan meningkatnya hasil panen padi musim ini hingga mencapai 100% dikarenakan pengolahan dan pembinaan serta pengerjaan penanaman padi dilakukan secara cermat. Penggunaan dosis dan penerapan teknologi serta sistem 'jajar legowo' diterapkan semaksimal mungkin sehingga hasil yang didapat sangat memuaskan.

"Pengolahan, penerapan teknologi, (penggunaan) dosis, juga menggunakan sistem 'jajar legowo' mengakibatkan hasil yang memuaskan ini, di samping faktor cuaca yang turut mendukung," tutur petugas.

Areal panen raya di blok IV desa Pekik Nyaring kali ini berada di lokasi persawahan tadah hujan dengan total lahan persawahan 85 ha di lahan seluas 115 ha. Atas kondisi ini pimpinan daerah H Ferry Ramli mewacanakan akan memperbaiki sistem pengairan sawah dari irigasi tadah hujan sebelumnya menjadi irigasi permanen agar sawah-sawah di kawasan itu tidak kekurangan air.

"Permasalahannya memang ada sistem pengairan, kami (pemerintah) akan berupaya membenahi sistem pengairan menjadi lebih baik, khususnya irigasi," demikian Ferry.