Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Erna Dorong Semua Sekolah Ujian Berbasis Komputer

Erna UNBK (7)BENGKULU, PB - Guna meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bengkulu, seluruh sekolah diharapkan dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebagai sebuah sistem dalam pelaksanaan ujian, UNBK dinilai banyak memberikan manfaat ketimbang mudarat.

Baca juga : Pemprov Masih Pertimbangkan Penerapan UNBK di Semua Sekolah

"UNBK ini menurut kami luar biasa dalam mendukung ujian nasional. Kebocoran soal bisa diminimalisir sedemikian rupa dan soal tiap-tiap siswa berbeda-beda. Sehingga siswa sibuk dengan soalnya masing-masing. Sistem ini mampu mamacu semangat bejalar siswa agar mampu menjawab soal-soal ujian secara mandiri," kata Ketua DPRD Kota Bengkulu, Erna Sari Dewi, saat memantau pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu, Senin (11/4/2016).

Ia menjelaskan, DPRD Kota Bengkulu akan mendorong agar sistem UNBK ini dapat dilaksanakan di seluruh sekolah Kota Bengkulu. Pada tahun ini, penyelenggaran UNBK baru dilaksanakan di SMK Negeri 1, SMK Negeri 3 Kota Bengkulu dan SMA Negeri 2 Kota Bengkulu.

"Pada tahun-tahun berikutnya kita harapkan seluruh sekolah sudah melaksanakan UNBK ini. Kita akan bahas masalah ini dalam pembahasan APBD Perubahan untuk mendukung pengadaan infrastrukturnya di tiap-tiap sekolah. Kita juga berharap dukungan pusat," ujarnya didampingi Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu Mardensi, Sekretaris Komisi Rena Anggraini, anggota Komisi Minharsii dan Muryadi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kota Bengkulu, Bihanudin, mengatakan, setelah sepekan menggelar ujian dengan sistem UNBK, tidak ada kendala yang berarti yang mereka hadapi. Ia menjelaskan, pihak sekolah menyiapkan komputer berikut cadangannya guna mengantisipasi adanya komputer yang rusak.

"Disetiap ruangan juga kita siapkan server. Ada tiga cadangan server untuk antisipasi kalau terjadi sesuatu. Ketika lampu mati, kita sudah siapkan genset yang kita sewa karena genset kita rusak. Ada 329 siswa yang mengikuti UNBK tahun ini dengan rincian IPA 219 siswa dan IPS 110 siswa," demikian Bihanudin.

UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Pertama kali, UNBK pertama diselenggarakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).

Kemudian, secara bertahap, pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

UNBK hanya diselenggarakan pada sekolah yang sudah siap baik dari infrastruktur, SDM, maupun peserta. Infrastruktur sejauh mungkin memanfaatkan laboratorium komputer yang ada di sekolah.
Sekolah calon penyelenggara UNBK pada tahun 2016 tidak diperkenankan untuk memaksakan diri membeli/menyewa komputer dengan membebani orang tua siswa. [RN]

Erna UNBK (5) Erna UNBK (4) Erna UNBK (3) Erna UNBK (2) Erna UNBK (1) Erna UNBK (6)