Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Juni, KIA Mulai Dicetak

Penyerahan Petikan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Medagri) Nomor 471-173 Tahun 2016BENGKULU, PB - Kabag Dukcapil Biro Administrasi Pemerintahan Umum Provinsi Bengkulu, Jalaludin mengatakan Kartu Identitas Anak (KIA) atau yang lebih dikenal dengan sebutan KTP anak akan mulai dicetak pada Juni 2016 mendatang. (Baca juga: Terapkan KTP Anak, Dukcapil Gandeng Sekolah-sekolah)


"Untuk data sudah 100 persen, sekarang ini kita tinggal on (pencetakan-red) saja," kata dia.


Namun, lanjutnya, untuk melakukan pencetakan ini pihaknya masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Mendagri. Setelah SK ini turun barulah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) bisa mengerjakan KIA ini.


"Setelah adanya SK baru kita bisa melakukan penganggaran dan perekaman data. Kemungkinan Juni sudah mulai," kata dia.


Dia mengungkapkan ada 2 daerah di Bengkulu yang akan dijadikan pilot project dalam pembuatan KIA ini, yakni Kota Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko. Di kedua daerah ini, ditargetkan seluruh anak usia 0-18 sudah memiliki KIA.


"Untuk kabupaten lain tahun berikutnya," jelasnya. (Lihat juga: Diterapkan Maret, Mendagri: KTP Anak Gratis dan Ini Cara Buat KTP Anak)


Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Sudarto Widyo Seputro mengatakan untuk pelaksanaan KIA ini masih dalam tahap pra persiapan. Senada ia mengungkapkan, pihaknya masih menunggu SK dari Mendagri untuk implementasi KIA ini.


Sudarto juga belum mengetahui persis berapa jumlah anak yang harus diberikan KIA di wilayah Kota Bengkulu. Kendati demikian, ia mengaku sudah siap untuk melaksanakan program ini baik dari sarana prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM).


"Nanti SDM ini akan segera dilatih untuk melakukan pembuatan KIA ini," kata dia. [IC]