Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

3 Tahun Rusak, Berharap Irigasi Diperbaiki

irigasiBENGKULU SELATAN, PB - Sudah tiga tahun irigasi Selebang yang mengaliri ribuan hektare sawah di wilayah Kedurang kondisinya rusak parah. Akibatnya sekitar 1.300 Hektare persawahan milik warga sering mengalami kekurangan pasokan air. Warga setempat berharap kepada Pemerintah daerah untuk segera memperbaiki saluran irigasi tersebut. Apalagi Pemda Bengkulu Selatan bertekad menjadikan daerah Kedurang sebagai lumbung padi.

Baca juga: Irigasi Jebol, 65 Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

"Irigasi Selebang ini sudah lama rusaknya. sekitar 3 tahunan lah. Parapetani di sini sangat berharap Bapak Bupati dan anggota DPRD bisa memperbaikinya" jelas Minadi salah seorang tokoh masyarakat Kedurang yang juga mantan anggota DPRD BS periode 2009-2014 ini

Lanjutnya, akibat rusaknya irigasi tersebut menyebabkan tidak sedikit warga melakukan alih fungsi lahan. Dari persawahn menjadi perkebunan sawit. Dia menganilasi, itu juga yang mejadi penyebab menurunnya prestasi kedurang sebagi daerah lumbung padi.

Dia berharap, jika irigasi itu diperbaiki maka dapat meningkatkan produksi padi di kedurang dan membangkitkan kembali pamor beras Kedurang yang mulai menghilang. (Apdian Utama)