Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

16 Maret, Dana Desa Cair

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Marwan JafarJAKARTA, PB - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Marwan Jafar menyampaikan dana desa Tahun 2016 akan disalurkan pada 16 Maret 2016 ini. Pencairan ini sebenarnya dipercepat dari target awal yakni bulan Apri. Tujuannya, agar program-program desa dapat segera direalisasikan.

"Awalnya akan disalurkan bulan April, tapi kita sudah minta Menteri Keuangan agar bisa dipercepat. Dan diputuskan, bahwa 16 Maret ini Dana Desa akan segera disalurkan," jelas Marwan, Rabu (2/3/2016).

Baca juga: Ada Penyimpangan 7% Dana Desa dan Dana Desa Wajib Bayar Pajak

Dia menjelaskan dana desa tahun 2016 ini nantinya akan dikucurkan dalam dua tahap. Tahap pertama, dana desa yang akan disalurkan sebanyak 60 persen. Sementara 40 persen sisanya, akan disalurkan pada agustus 2016 mendatang.

"Prioritas dana desa tetap untuk infrastruktur. Kemudian untuk sarana dan prasarana desa seperti Posyandu atau lainnya. Jika kebutuhan mendasar sudah terpenuhi, dana desa bisa digunakan untuk kapasitas ekonomi desa seperti BUMDes, koperasi desa dan lain-lain," paparnya.

Politisi PKB ini mengaku telah menyiapkan segala persiapan agar penyaluran dana desa dan penggunaannya tepat sasaran.
Berbagai bentuk sosialisasi juga telah dilakukan, agar masyarakat secara umum memahami dana desa, dan turut serta dalam mengawasi program tersebut.

"Pendamping sudah disiapkan, fasilitator sudah disiapkan, konsolidasi dengan Pemerintah daerah juga sudah. Fasilitas pendukung pun sudah kita siapkan semua, tinggal bagaimana kita mengawal langsung," jelasnya. [GP]