Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kemendagri Siapkan Sekolah Pemadam Kebakaran

Pemadam Kebakaran Cantik

LOMBOK, PB - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana membangun sekolah petugas pemadam kebakaran di Indonesia. Ada sejumlah daerah yang ditargetkan menjadi pusat studi tersebut yakni, Nusa Tenggara Barat, Makassar dan Jatinangor.

Baca Juga: Honorer Pemadam Bahaya Kebakaran Dipangkas

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, sekolah tersebut sama seperti halnya sekolah Satpol PP dan Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Namun bentuknya bukan sekolah tinggi, lebih setara kepada jurusan atau akademi.

"Kami akan kembangkan sekolah pasukan pemadam kebakaran. Ini kan belum ada sekolahnya. Setara akademi dan ada ikatan dinas. Pertama belum ada di Indonesia," ujar Tjahjo, Rabu (10/2).

Menurutnya, alasan pendirian dan pengembangan sekolah tersebut akan dapat memberikan pembekalan (well educated) kepada para putra putri bangsa yang berminat untuk menjadi bagian dari petugas yang memiliki slogan 'pantang pulang sebelum padam' itu.

"Karena semua harus punya teknik. Itu nanti hanya sekolah pendidikan saja. Jadi memang sengaja tidak dibangun di daerah yang rawan terjadi kebakaran seperti kebakaran hutan," ujar mantan Sekjend PDIP ini.

Saat ini rencana Pemerintah tersebut masih dalam tahap pembahasan kurikulum dan penyiapan anggaran. Pendanaanya akan diambil dari APBN 2017. Berbagai persiapan lainnya juga telah dipersiapkan Kemendagri. [GP]