Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kadin: Pariwisata Bengkulu Punya Potensi Besar

[caption id="attachment_13245" align="alignleft" width="300"]Curug Sembilan atau Air Terjun Sembilan Tingkat, Bengkulu Utara Curug Sembilan atau Air Terjun Sembilan Tingkat, Bengkulu Utara[/caption]

BENGKULU, PB- Sudah menjadi rahasia umum bahwa objek wisata yang ada di Provinsi Bengkulu cukup mempesona dan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.


Baca juga: Kerja Keras Menata Pariwisata


Wakil Ketua Kadin Provinsi Bengkulu bidang Industri, Marwan Ramis menjelaskan keindahan objek wisata Bengkulu merupakan potensi pariwisata yang mesti dikembangkan dengan maksimal.


Menurutnya era Masyarakat EkonomI Asean (MEA) bisa dimanfaatkan oleh Bengkulu sebagai ajang promosi pariwisata, dengan itu diharapkan nisa menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun internasional.


"Saya melihat pariwisata di Bengkulu itu masih bersifat pemberdayaan, harusnya pola fikir kita bisa berubah, saya contohkan Bali yang bisa mendatangkan uang lewat pariwisatanya, kita harus merancang hal serupa di Bengkulu,"katanya saat dihubungi Pedoman Bengkulu belum lama ini.


Menurutnya, perlu dorongan pemerintah daerah, serta peran pelaku usaha dan dukungan dari masyarakat untuk mewujudkan pariwisata yang unggul, apalagi ditengah persaingan ekonomi kawasan yang sudah semakin bergairah dengan kehadiran MEA.


"Di era MEA ini yang penting kita bisa menyiapkan diri dan itu alamiah saja, selama ada tantangan pasti ada peluang. Syaratnya harus ada sertifikasi bagi pelaku usaha dan itu bisa dibuat sesuai kebutuhan,potensi apa yang bias digarap setiap daerah masing-masing ada. Tinggal lagi bagaimana mengoftimalkan potensi yang ada dan bagaimana mengkordinasikan kepada semua pihak, pelaku usaha dan pemerintah, sementara di Bengkulu yang berpotensi dijual adalah pariwisata, dan selama ini masalahnya hanya pada pemberdayaan wisata saja, contohnya untuk memelihara kebersihan pantai harus dipaksakan," ucapnya. [MS]