Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gubernur Saksikan Gerhana di Benteng Marlborough

Peta wilayah yang akan dilintasi Gerhana Matahari TotalBENGKULU, PB - Bengkulu dipastikan akan dilintasi gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang. Karena itu, Gubernur Ridwan Mukti mengajak seluruh masyarakat untuk datang menyaksikan fenomena langka tersebut.

Baca juga: Bengkulu Bakal Dilewati Gerhana Matahari Total

RM, sapaan akrab gubernur, mengatakan kegiatan wisata tersebut akan dipusatkan di Benteng Marlborough. Dipilihnya lokasi tersebut, karena benteng tersebut dianggap memiliki nilai sejarah di bumi raflesia ini.

"Ini juga sebagai upaya kita untuk marketing (memasarkan-red) potensi wisata yang ada di Bengkulu," ujar mantan Bupati Musirawas ini, Jumat (26/2/2016).

Untuk diketahui, GMT ini akan terjadi di Bengkulu mulai pukul 06.20 WIB. RM juga mengajak seluruh wisatawan dari luar provinsi Bengkulu agar berkunjung ke Bengkulu untuk bisa bersama-sama menikmati gerhana tersebut.

"Disana nanti juga akan kita siapkan berbagai acara," kata Ridwan.

Misalnya, mantan Anggota DPR RI ini menyampaikan, pihaknya akan mengadakan shalat gerhana di lokasi yang dibangun oleh kolonial Inggris itu pada saat gerhana berlangsung. Artinya, fenomena ini tak hanya dijadikan sebagai potensi wisata tapi juga sebagai sarana beribadah.

"Tidak ada pembagian kacamata, kan cuma sebentar," tutup Ridwan sembari tertawa.

Untuk diketahui, ada beberapa momen yang bisa dinikmati oleh masyarakat saat GMT ini terjadi. Diantaranya pada saat kontak pertama (C1), yakni ketika piringan bulan pertama kali ‘menggigit’ piringan Matahari, menandakan bermulanya gerhana. Fase ini disebut gerhana matahari sebagian (Partial Solar Eclipse).

Di kontak kedua (C2), saat di mana hampir keseluruhan piringan Matahari telah terhalangi oleh piringan Bulan. Matahari akan menghilang dan langit akan menggelap seperti saat senja.Setelah itu, kita akan disugihi Puncak Gerhana. Ini adalah fase paling ditunggu-tunggu para pengamat langit.

Fase puncak gerhana ini akan berlangsung selama maksimal 2 menit. Fase tersebut akan dilanjutkan dengan kontak ketiga (C3), dimana piringan Bulan sudah mulai bergerak membuka piringan Matahari. Dan ditutup oleh kontak terakhir (C4), saat piringan Bulan telah kembali membuka keseluruhan piringan Matahari, menandakan gerhana telah usai. [IC]