Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gabungkan Kekuatan Tiga Kabupaten

[caption id="attachment_13396" align="alignleft" width="300"]Kondisi jalan lintas Krui-Bengkulu yang rusak parah. Kondisi jalan lintas Krui-Bengkulu yang rusak parah.[/caption]

BENGKULU SELATAN, PB - Letak geografis Kabupaten Bengkulu Selatan langsung berbatasan dengan Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan. Untuk itu, jika kekuatan (baca pembangunan) tiga Kabupaten/kota tersebut digabungkan, maka ekonomi tiga Kabupaten tersebut akan meningkat.

Baca juga: Program Kampung Sejahtera Harus Berkelanjutan

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPRD Bengkulu Selatan Yevri Sudianto. Menurut Yanto Yahil, sapaan akrabnya, Jalan nasional yang menghubungkan antara Kabupaten Bengkulu Selatan, Lahat dan Pagar Alam saat ini kondisinya masih sangat sempit, sehingga perlu diperlebar.

"Jalan itu masih sempit, palingan sekitar empat meter lebarnya. Idealnya ukuran jalan itu sekitar tujuh meter. Apalagi di sepanjang jalan itu sering terjadi longsor, sehingga perlu dibuat pengaman tebing. Kita minta kepada Balai II PU agar mempertimbangkan pembangunan jalan di tiga kapupaten itu," terang Yanto.

Dikatakannya, supaya transportasi tambah lancar, pelebaran jalan bukan hanya di wilayah Bengkulu Selatan, tetapi juga jalan yang masuk di wilayah Kabupaten Lahat dan Pagar Alam juga dibangun, karena dalam satu jalur.

Secara ekonomis, jika jalan yang tembus ke Palembang tersebut sudah diperlebar, maka akan meningkatkan transaksi ekonomi di Bengkulu Selatan.

Dia mencontohkan, sebagian besar ikan laut di pagar Alam dan lahat dipasok dari tangkapan nelayan Bengkulu Selatan dan sebagian sayuran yang beredar di Kota Manna dipasok dari Pagar Alam.

"Pada waktu hari-hari besar dan hari libur kita lihat sangat banyak warga dari Lahat dan Pagar Alam jalan-jalan ke Pantai Pasar Bawah Manna, Kadang mereka sampai menginap beberapa malam. Berapa perputaran uang yang masuk ke Bengkulu Selatan. Bayangkan jika jalan sudah diperlebar dan tambah bagus, saya yakin bakal tambah banyak lagi yang akan berkunjung ke Bengkulu Selatan," pungkas Yanto. (Apdian Utama)