Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bengkuluku Aman Terkendali

IST - Launching Bengkuluku Aman di Halaman Kantor Walikota 2BENGKULU, PB - Kinerja Kepolisian Resort (Polres) Kota Bengkulu patut diapresiasi. Dalam waktu empat hari, tim buru sergap (buser) Polres Bengkulu mampu meringkus sindikat pencurian yang melakukan aksinya di Kota Bengkulu.

Baca juga: Waspadai Terorisme, Bengkuluku Aman Kembali Diaktifkan

Salah satu pelaku sindikat pencurian itu sempat beraksi di rumah Zamroni, warga Kelurahan Anggut Bawah, sekira pukul 02.55 WIB, Rabu (10/2/2016). Pelaku yang diketahui telah menekuni profesinya bertahun-tahun itu mencuri uang tunai jutaan rupiah dari rumah korban.

Setelah polisi berhasil menangkap pelaku di Kelurahan Kebun Kenanga, sekira pukul 22.30 WIB, Minggu (14/2/2016), tim buser Polres Bengkulu tidak lekas puas. Berdasarkan hasil pengembangan, sejumlah pelaku lain dengan spesialisasi yang berbeda-beda juga berhasil diringkus.

"Alhamdulillah, pelaku pencurian di rumah kami sudah tertangkap. Terima kasih buat 3000 orang teman-teman yang sudah membantu menyebarkan video dan foto pelaku dari CCTV sehingga pelaku dapat dikenali dan tadi malam diciduk," kata salah satu keluarga korban, Ekha Safitri, Senin (15/2/2016).

"Semoga dapat membantu mengurangi tingkat kriminalitas dan melindungi keluarga lain dari musibah kecurian. Dan semoga keluarga kami juga selalu diberi kesehatan dan dilindungi dari mara bahaya. Amin," sambungnya.

Sebelumnya, warga Kota Bengkulu dan anggota Polres Bengkulu juga bersikap sigap terhadap pelaku pencurian dengan kekerasan. Beberapa pelaku yang melakukan aksinya di Kelurahan Penurunan dan Tapak Padri juga berhasil diringkus berkat kekompakkan warga dan pihak kepolisian.

"Program Bengkuluku Aman tetap berjalan. Tim kami selalu memantau keaktifan warga dalam menjaga keamanan lingkungannya. Koordinasi dengan pihak tentara, kepolisian serta perangkat keamanan lainnya terus kami intensifkan," kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bengkulu, Taufik Mantan.

Sementara Gubernur Bengkulu terpilih, Ridwan Mukti, telah berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kondusifitas Provinsi Bengkulu dari tindak kriminalitas. Ia memiliki dua strategi dalam menciptakan Bengkuluku Aman.

"Pertama adalah dengan melibatkan paritisipasi luas dari masyarakat, baik dari pihak tentara, kepolisian dan aparatur pemeritahan lainnya serta tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh adat. Kedua adalah dengan cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat," demikian Ridwan.

Program Bengkuluku Aman digagas oleh Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan. Program ini diluncurkan pada tahun 2014 silam dengan memberikan penghargaan kepada warga masyarakat yang aktif dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan. [RN]