Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bangun Jurnalisme Positif yang Mendidik

Foto Bagian Humas Kota Bengkulu (1)BENGKULU, PB - Dunia jurnalistik di Bengkulu semakin berkembang. Salah satu indikatornya adalah semakin menjamurnya media massa. Perkembangan ini teramat penting bilamana mengarah kepada suksesi program-program pembangunan pemerintahan.

Baca juga : Meski Media Berganti, Jurnalisme Tak Boleh Mati dan Media Dipusaran Politik

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan melalui Kabag Humas Setda Kota Salahuddin Yahya, mengatakan, Pemerintah Kota berharap perkembangan media dapat selaras dengan upaya mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaan yang positif.

"Jangan terbiasa mengkonstruksi bahasa dengan kalimat-kalimat negatif. Karena itu tidak mendidik. Swaraunib harus membangun jurnalisme positif dengan semangat edukasi. Swaraunib sebagai radio dan juga media online harus memposisikan diri dan mengambil peran dalam pembangunan," katanya dalam kata sambutan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Swaraunib ke 10 di Auditorium Gedung C Universitas Bengkulu (UNIB), Kamis (25/2/2016).

Ia juga memberikan dukungan kepada Swaraunib untuk dapat terus berkarya dalam mencerdaskan masyarakat Bengkulu. Ia menekankan, Pemerintah Kota merasa prihatin ketika melihat pemberitaan-pemberitaan negatif seperti Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT), incest dan bunuh diri remaja akibat putus cinta dan putus harapan seolah-olah sudah merebak di Provinsi Bengkulu.

Baca juga : Presiden Minta Pers Bangun Optimisme Rakyat

"Pemberitaan yang baik adalah pemberitaan yang positif dengan semangat mendidik pembaca agar mendapatkan informasi yang utuh dan mencerdaskan. Jangan sampai kita sibuk melihat aib dan kekurangan orang lain sehingga menganggu konsentrasi kita untuk memecahkan setiap persoalan secara bersama-sama," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNIB Ridwan Nurazi, saat membuka acara mengatakan penguasa informasi adalah penguasa dunia, karena itu Swaraunib akan terus memberikan infromasi yang mengedukasi yang konsen terhadap pemberitaan postif. “Kita akan terus memberikan informasi yang mengedukasi, tidak hanya edukasi otak tetapi juga mengedukasi hati,” ujarnya.

Di sisi lain, anggota DPD RI Riri Damayanti yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi Swaraunib yang terus berkembang maju dan memiliki independensi. “Saya mengapresiasi swaraunib, saya berharap Swaraunib juga dapat bermitra bersama Pemerintah Kota Bengkulu,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan HUT Swaraunib ke 10 ini meliputi battle of community, band acoustic, seminar jurnalistik dan broadcasting, serta kegiatan sosial, seperti donor darah, khitanan masal, dan cek kesehatan. [rudra/rls/bis]