Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Layani KTP-El, Mendagri Minta Dukcapil Jemput Bola

[caption id="attachment_12672" align="alignleft" width="300"]Ilustrasi, pelayanan Dukcapil Bekasi dikeluhkan warga. IST/Potret pelayanan Dukcapil Bekasi dikeluhkan warga.[/caption]

JAKARTA, PB – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus mengoptimalkan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di masyarakat. Bahkan, Kemendagri meminta aga Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk jemput bola ke masyarakat agar memiliki KTP-El. Tujuannya agar pendataan masyarakat lebih valid.

Baca juga: E-KTP Berlaku Seumur Hidup dan KTP-El Tak Perlu Diperpanjang, Dewan Desak Dukcapil Benahi Pelayanan

"Kami terus minta Dukcapil daerah jemput bola buat masyarakat pedesaan, pinggiran, perbatasan. Semua masyarakat yang sudah memenuhi syarat, harus punya KTP-El," kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

Dia menambahkan, KTP-El sangat penting untuk dimiliki masyarakat. Misal untuk membuka tabungan, asuransi, mengurus keperluan di instansi atau lembaga. Kepemilikan KTP-El juga punya fungsi untuk menyempurnakan data kependudukan.

Politisi PDI Perjuangan ini mengakui lambannya proses pembuatan KTP-El saat ini. Ia pun meminta agara agar masyarakat memaklumi. Sebab, keterlambatan tersebut disebabkan kurangnya sumber daya manusia (SDM). Namun, Kemendagri akan terus berupaya memperbaiki kekurangan itu.

"Kami akui ada keterlambatan, ada macam-macam masalah blanko, administrasi, SDM kita juga masih kurang. Tapi ini ke depannya akan kita perbaiki," pungkasnya. [GP]