Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Survey BEM, Cambuk Rektor Unib

[caption id="attachment_10897" align="alignleft" width="300"]123456 Rektor Universitas Bengkulu Ridwan Nurazi[/caption]

BENGKULU, PB - Hasil survey Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bengkulu mengungkapkan rendahnya tingkat kepuasan atas fasilitas kampus kampus hijau tersebut.


Meskipun Unib banyak meraih perstasi, namun hal tersebut tidak memberikan persepsi positif terhadap mahasiswanya.  Rektor Universitas Bengkulu Ridwan Nurazi bahkan mengakui hal itu.


"Hasil survey ini sebagai pemicu dan atau cambuk bagi universitas," terang Rektor Universitas Bengkulu Ridwan Nurazi.


Ridwan mengatakan menindaklanjuti hasil survei ini, pihaknya telah membuat kontrak politik dengan BEM Unib untuk memperbaiki fasilitas kampus.


"BEM meminta kita memperbaiki fasilitas sarana perkuliahan seperti gedung kuliah, kursi, LCD, alat laboratorium, dan lain-lain," ungkapnya.


Selama ini, Universitas Bengkulu (Unib) disebutkan masuk 10 besar universitas terbaik di Indonesia dalam kategori kualitas tenaga pengajar SDM dengan latar belakang pendidikan dan rasio mahasiswanya pada tahun 2015.


Rektor Unib Ridwan Nurazi mendapatkan banyak prestasi sepanjang 2015. "Pada 2015 Universitas Bengkulu masuk 10 besar nasional terbaik dalam kualitas SDM bersama IPB, UGM, ITB, UN Malang, UI, UN Makasar, ITS, UNY, dan UNAIR," kata Ridwan kepada Pedoman Bengkulu.


Hal tersebut dilihat dari rasio jumlah staf pengajar berdasarkan latar belakang pendidikan dengan jumlah mahasiswa.


"Dari penilaian kualitas SDM menjadi tolak ukur penting, karena sarana dan prasarana yang bagus belum tentu bisa menjamin jika tidak di dukung tenaga pengajar yang bagus," jelasnya.


Dari 16 ribu jumlah mahasiswa, Universitas Bengkulu memiliki 34 Profesor dan akan menyusul 4 pada tahun depan. Sebanyak 103 orang dosen sedang menempuh S3 dan 14 orang sedang menyelesaikan S2.


Bukan hanya itu, kampus yang berdiri pada tahun 1982 ini mampu menduduki peringkat 25 webometric out dari 400 universitas yang ada di Indonesia.


"Universitas Bengkulu juga masuk 50 kampus menjanjikan di Indonesia dari kementerian pendidikan dan kebudayaan,"terangnya.


Meski mengantongi raport baik ditingkat nasional, pihak Unib tetap akan menjadikan survey BEM tersebut sebagai baromater untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kampus itu. "Kedepan misinya menjadikan Universitas Bengkulu sebagai univeritas terdepan," tutupnya. [MS]