Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tahun Depan Lima TPS 3 R Dibangun di Kota Bengkulu

[caption id="attachment_7543" align="alignleft" width="300"]Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Bantargebang (Foto sisidunia.com) Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Bantargebang (Foto sisidunia.com)[/caption]

BENGKULU, PB - Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Kementerian Pekerjaan Umum RI akan memberikan bantuan pendirian Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3 R) kepada Kota Bengkulu.

"Informasi ini disampaikan kepada kami saat mengikuti sosialisasi TPS 3R sekaligus melihat TPST3R Sitirejo Bersatu di Malang pada awal November 2015 lalu," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan (Distamber) Kota Bengkulu Syarnubi.

Ia menjelaskan, TPS 3 R ini akan dibangun di lima kawasan. Diantaranya di Kelurahan Bentiring, Kelurahan Bumi Ayu, Kelurahan Penurunan, Kelurahan Kandang Mas dan Kelurahan Padang Serai.

"Lokasi sudah kita siapkan di kelurahan-kelurahan tersebut. Bangunannya akan memakan tempat seluas 20X10 meter," ungkapnya.

Ia menambahkan, TPS 3R ini akan dibangun dan diterima pada akhir tahun 2015 atau awal tahun 2016 ini. "Ini akan mengurangi beban volume sampah yang tertumpuk di TPA Air Sebakul," demikian Syarnubi.

TPS dengan prinsip 3R adalah tempat pemrosesan dengan kegiatan pemilahan, pengurangan, pendaurulangan dan pemanfaatan kembali sampah yang dihasilkan suatu kawasan pemukiman, kawasan niaga, fasilitas sosial, kawasan pendidikan dan sejenisnya.

TPS 3 R merupakan formula baru guna meminimalisir dampak dari bau sampah yang menyebabkan masyarakat tidak nyaman bermukim disekitar TPS. Sampah yang masuk ke TPS 3 R akan dipilah dan dikelola untuk menjadi pupuk, alat kerajinan dan sebagainya. [RN]