Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Siap Awasi Pilkada, 36 Anggota Panwascam Se-Kabupaten Lebong Dilantik

PedomanBengkulu.com, Lebong - Sebanyak 36 orang anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Lebong resmi dilantik. Pasca dilantik ke-36 orang anggota Panwascam langsung diberikan pembekalan, sebagai kesiapan mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Lebong.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin langsung Ketua Bawaslu Lebong Khairul Habibi, dihadiri dua Komisioner Bawaslu Lebong lainnya meliputi, Renaldo Saputro dan Acep Pebrian Utama. Turut hadir dalam acara pelantikan, unsur Forkopimda Lebong dan sejumlah Camat, bertempat di Hotel Asri Muara Aman, Jumat (24/5/2024) siang.

Usai acara, Ketua Bawaslu Lebong Khairul Habibi mengatakan, dari jumlah 36 orang anggota Panwascam yang baru dilantik. Terdapat 27 orang anggota hasil evaluasi atau rekrutmen Existing anggota Panwascam Pemilu sebelumnya. Sementara sisanya, sebanyak 9 orang merupakan hasil rekrutmen baru, atau menggantikan anggota Panwascam yang tidak lulus evaluasi.

"Hari ini kita pelantikan Panwascam untuk Pilkada serentak 2024, dengan rincian peserta rekrutmen existing 27 orang dan hasil rekrutmen baru 9 orang. Khusus untuk rekrutmen anggota baru tersebut dari 6 kecamatan," ucap Habibi.

Dikatakan Habibi, kepada anggota Panwascam pihaknya berharap, pengalaman dalam pengawasan Pemilu legislatif dan Pilpres yang lalu, sebagai bahan evaluasi untuk diperbaiki dan dikuatkan lagi dalam melaksanakan pengawasan Pilkada 2024.

"Harapan kita tetap sama, kepada Panwascam yang baru dilantik, agar kesalahan atau kekurangan pada Pemilu kemarin bisa ditutupi dan terus berbenah, sebagai bahan pengawasan Pilkada serentak di Kabupaten Lebong," ucapnya.

Setelah resmi dilantik, lanjut Habibi, seluruh anggota Panwascam akan langsung diberikan pembekalan selama dua hari yakni Jum'at (24/05/2024) dan Sabtu (25/04/2025).

"Agar mereka siap langsung mengawasi tahapan Pilkada, mereka langsung kita berikan pembekalan selama dua hari," tutupnya. [spy]