Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Mengapa Sekolah Lansia Diperlukan? Simak Penjelasannya

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Mengapa sekolah lansia diperlukan? Sekolah bagi para sepuh adalah pendidikan non formal yang diperuntukkan bagi orang tua untuk mewujudkan lansia tangguh. Sekolah tersebut adalah wadah pemberian informasi, pelatihan tentang kesehatan, keagamaan, sosial, budaya sehingga lansia dapat hidup bahagia sejahtera. 

Hal itu disampaikan Direktur Ketahanan Lansia dan Rentan Badan Kependudukn dan Keluarga Berencana Nsional (BKKBN) dr. Ni Luh Gede Sukardiasih saat mengunjungi sekolah lansia bagi kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) di Kelurahan Cempaka Permai, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Senin, 6/5 2024.

Tampak hadir mendampingi Dithanlan di Kota Bengkulu itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Zamhari, S.H., M.H, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bengkulu Dewi Dharma, M.Si, serta unsur pemerintah setempat yaitu Camat Gading Cempaka dan Lurah Cempaka Permai.

Dikatakan dr. Ni Luh Gede Sukardiasih, dengan bersekolahnya kelompok usia lanjut tersebut, diharapkan para lansia dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pengetahuan tentang kesehatan dan keterampilan sosial. Dengan demkian maka lansia dapat meningkatkan kualitas hidup, dan tidak bergantung kepada lingkungan dan orang lain dalam aktifitasnya.

"Salah satu dasar pemerintah melahirkan dan mengembangkan program bina keluarga lansia (BKL) serta sekolah lansia tangguh adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lansia dan UU Nomor 52 tahun 2009 Tentang Perkembangan  Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Atas dasar itu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengembangkan program sekolah lansia di seluruh daerah di tanah air" .

Sekolah lansia SMART ini diresmikan Pemerintah Kota Bengkulu pada Juli 2023 lalu dengan beranggotakan sebanyak 45 orang siswa yang diharapkan dapat mewujudkan lansia tangguh dalam berbagai dimensinya.[Rls]