Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Terima BLT, 35 KPM Desa Lemeupit Tersenyum Bahagia

PedomanBengkulu.com, Lebong - 
Senyum bahagia terpancar dari 35 warga yang masuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2024 yang disalurkan Pemerintah Desa Lemeupit Kecamatan Lebong Sakti. Pembagian BLT DD untuk dua bulan pertama yakni bulan Januari dan Februari 2024, untuk 35 KPM sebesar Rp 600 ribu. 

Penyerahan BLT DD secara tunai yang dilaksanakan Penjabat Kades Lemeupit Elvis Suwentri S.AP
bersama perangkat desa dan BPD tersebut, dihadiri Camat Lebong Sakti Sabirin yang diwakili Kasi PPM Irma Yuni, Babhinkamtibmas Aipda Irwan Tomi, Tim Pendamping Desa, TA, PDTi dan PLD  yang digelar di Kantor Desa Lemeupit Rabu (7/2/2024) sore.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa realisasikan BLT DD bagi 35 KPM,  mengingat saat ini sedang musim panen padi, maka kita bagikan pada sore hari," ungkap Penjabat Kades Elvis Suwentri kepada PedomanBengkulu.com Rabu (7/2/2024) sore.

Ditambahkan Elvis, dengan direalisasikan BLT DD, diharapkan  juga berharap uang yang diterima dapat membantu keluarga penerima, bisa dimanfaatkan BLT DD dengan bijak dan mendahulukan kebutuhan rumah tangganya khususnya kebutuhan dapur para KPM.

"Kita selalu berharap pencairan BLT DD bisa membantu warga KPM. Dan tak henti-hentinya kita mengingatkan agar bisa mendahulukan kepentingan dalam kebutuhan keluarga termasuk pemenuhan asupan gizi keluarga," bebernya.

Dijelaskan Elvis, para KPM yang masuk daftar penerima BLT DD tahun ini, sebelumnya sudah melewati seleksi dan verifikasi berdasarkan peraturan berlaku. Begitu juga adanya pengurangan jumlah KPM dibandingkan dengan tahun lalu, itu juga sudah sesuai dengan penetapan persentase anggaran yang ditetapkan melalui musyawarah desa khusus (Musdessus).

"Memang ada pengurangan KPM dari jumlah tahun lalu sebanyak 37 KPM, sekarang menjadi 35 KPM sesuai hasil verifikasi dan aturan rujukan terkait penetapan BLT DD," singkatnya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Lemeupit Ebit Ansori dalam kesempatan itu menegaskan, meskipun ada perubahan data KPM itu juga bukan asal tunjuk, tapi lebih kepada hasil musyawarah berdasarkan aturan pada ketentuan penerima BLT DD.

"Dalam kesempatan ini saya mewakili BPD mengucapkan selamat kepada masyarakat yang masuk data KPM BLT DD, penetapan ini juga sesuai hasil musyawarah yang mengacu aturan yang berlaku akan standar penerima BLT DD," jelasnya.

Camat Lebong Sakti Sabirin melalui Kasi PPM Lebong Sakti Irma Yuni dalam kesempatan tersebut menambahkan, pembagian BLT DD sekarang agak berbeda dari tahun lalu, bukan pertahap 3 bulan tetapi sebisa mungkin dibagikan perbulannya, kebetulan di Desa Lemeupit saat ini dibagikan dua bulan. 
 
"Apresiasi kepada Penjabat Kades Lemeupit masih menetapkan angka 25 persen dari nilai DD untuk penerima BLT DD. Himbauan kami dari Pemerintah Kecamatan kepada seluruh KPM agar bisa gunakan bantuan pemerintah melalui BLT DD ini sebaik-baiknya. Tunaikan dulu kebutuhan bapak ibu sebelum memenuhi keperluan lainnya," kata Irma.[spy]