Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sultan Ingatkan Timses dan Pendukung Fokus pada Target 250 Ribu Suara

PedomanBengkulu.com  – meski diprediksi unggul dalam perolehan suara DPD bulan depan kandidat DPD RI Sultan B Najamudin tetap menekankan fokus pada target capaian suara pada tanggal 14 februiari nanti. Semua lapisan yang telah siap diminta untuk menjaga kondisi lapangan agar tidak terjadi error.

“ Alhamdulillah kalo memang kita di nilai unggul oleh survey maupun pengamat tapi saya berkali-kali sampaikan bahwa semua tim dan pendukung agar fokus pada target suara 250 ribu suara “ terang sultan saat menghadiri festifal budaya Bengkulu Tengah di desa Pekik nyaring beberapa hari yang lalu. Menurutnya lagi , secara ilmiah Survey memang bisa dijadikan bahan pertimbangan baik oleh kandidat itu sendiri maupun oleh calon pemilih tapi potret akhir bisa terjadi pergeseran meskipun biasanya tidak akan melenceng jauh dari hasil survey dan prediksi pengamat.

“capaian target suara menjadi penting agar menunjang tujuan selanjunya untuk maju sebgai ketua DPD RI “ tegasnya lagi.

Hasil survei LEKAD, dari 12 nama calon DPD RI menyimpulkan ada empat nama yang hasil surveinya tertinggi yakni incumbent senator Sultan B Najamudin dengan persentase sebesar 15,25%, disusul mantan Anggota DPR RI Patrice Rio Capella 14,5%, lalu menempati peringkat ketiga ada incumbent Ahmad Kanedi memperoleh 12,5 persen.

Sementara menariknya lagi, diantara perempuan yang bertarung akan memperebutkan kursi DPD RI, ada nama Leni Haryati John Latief menempati peringkat keempat sebesar 11%, dan selisih sedikit dengan sosok pendatang baru Elisa Ermasari yang menempati posisi kelima 9,08%. (Lihat grafis peringkat).

Presiden Direktur Lembaga Edukasi dan Kajian Daerah (LEKAD), Frentindo menerangkan, hasil survei LEKAD yang dilakukan pihaknya tersebut sifatnya hanya sementara. Ia mengungkapkan, survei tersebut dilakukan dari tanggal 25 Desember 2023 sampai tanggal 10 Januari 2024, dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Sementara, total sampel 1200 responden tersebar proporsional di 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis responden memiliki toleransi kesahalan (margin of error) sekitar (+/-) 2,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Dari hasil survei tim kita dilapangan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, bahwa ada 4 nama yang perolehan persentase survei tertinggi dan berpeluang terpilih Anggota DPD RI yakni pertama ada Sultan B Najamudin, kedua Patrice Rio Capella, ketiga Ahmad Kanedi, dan keempat Leny John Latief," papar Frentindo kepada jurnalis.

Sebelumnya, Pemerhati Politik dan Komunikasi Universitas Bengkulu (UNIB) Dr. Alfarabi, S.Sos, MA menilai, kemenangan calon incumbent legislative memang berpeluang lebih setiap kali penyelenggaraan Pemilu. Termasuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu pada pesta demokrasi dari rakyat untuk rakyat pada 14 Februari 2024 mendatang.

Terlebih lagi dengan aktifitas mereka sebagai incumbent yang aktif, bisa melakukan aktifitas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Sebetulnya semua yang mencalonkan diri pada Pemilu nanti, memiliki peluang yang sama, begitu juga untuk seorang petahana calon Senator, memang satu langkah lebih maju ketimbang yang baru mencalonkan diri,” katanya. [ AM]