Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dempo Xler Sosok Inspiratif di Mata Generasi Muda

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Di kalangan anak muda siapa yang tak kenal dengan nama Dempo Xler, yang saat ini menjabat Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu. 

Sosok salah satu wakil rakyat muda di lembaga DPRD Provinsi Bengkulu begitu dekat dengan kaula muda. Seperti yang disampaikan aktivis Kepemudaan Bengkulu, Dimas Hariadi yang memberikan apresiasi kepada sosok Dempo Xler yang dianggapnya sebagai anak muda berani dalam dunia politik. 

Dalam pandangannya, Dempo Xler telah membuktikan keberaniannya bersuara dan menjalin kedekatan dengan anak muda, serta memahami isu-isu kepemudaan yang sedang berkembang.

"Bang Dempo Xler merupakan anak mudah yang berani bersuara dalam politik, singkatnya bang Dempo hari ini membuktikan berani bersuara dan dekat degan anak mudah serta paham dengan isu kepemudaan," kata Dimas dalam dialog publik dengan tema menyambut pesta demokrasi 2024, mampukan negara memberikan pendidikan demokrasi terhadap generasi Z untuk menentukan pilihannya, di Gedung Ahmad Dahlan Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Senin (13/11/2023).

Dimas menilai, Dempo yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, juga aktif dalam kegiatan pemuda dan organisasi. Terbukti dekat dengan aksi-aksi mahasiswa, sering terlihat mendukung masa aksi tersebut. 

Bahkan keterlibatan Dempo dalam kegiatan-kegiatan pemuda menunjukkan komitmennya terhadap perjuangan pemuda dalam menyuarakan aspirasi dan memperjuangkan hak-hak generasi muda.

"Bang Dempo juga dekat dan terbuka dengan kegiatan-kegiatan pemuda dan organisasi, bahkan pada aksi mahasiswa, yang sering menemui masa aksi," tuturnya.

Terkait Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang,  Dimas mengatakan, pemuda dapat menjadi pejuang politik, baik sebagai calon legislatif (caleg) maupun sebagai partisipan aktif dalam mendukung dan mengkampanyekan ide-ide politik yang diusung. Selain itu, ia mengajak pemuda untuk ikut serta dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat, sehingga pemilih dapat membuat keputusan yang cerdas dan berkualitas.

"Pemuda menjadi pejuang politik baik itu terjun langsung menjadi caleg atau menjadi partisipan atau kemudian mengkampanyekan, serta ikut serta memberikan edukasi politik kepada masyarakat. Sehingga bersuara untuk kriteria caleg yang layak untuk mewakili masyarakat di legislatif," ungkap Dimas. 

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Xler saat menjadi narasumber dalam dialog mengatakan,  peran generasi Z dalam politik, khususnya dalam persiapan pemilu 2024 sangat penting. Sebab, anak muda tidak boleh hanya menjadi objek atau alat politisi untuk mendapatkan suara, melainkan harus menjadi pelaku politik yang aktif agar suaranya benar-benar terwakili.

"2024 adalah momentum bagi generasi milenial dan gen Z untuk menempatkan wakilnya di politik, baik di legislatif maupun eksekutif," ungkap Dempo. 

Politisi muda dari PAN yang kembali maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Bengkulu dapil Kota Bengkulu itu,  memberikan pesan kepada anak muda agar tidak terlalu risau dengan keadaan saat ini yang mungkin penuh ketidakpastian. Pemuda harus fokus pada peningkatan nilai diri, baik dalam hal kualitas maupun moralitas. Pemilu 2024 dan pemilihan berikutnya membutuhkan generasi bangsa yang memiliki kualitas dan integritas untuk memastikan pembangunan yang berkelanjutan dan representatif.

"Kita perlu menjadi anak muda yang fokus meningkatkan nilai diri dan moralitas agar menjadi generasi yang memiliki integritas. Pemilu 2024 hingga 2034 membutuhkan kita sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas dan bertanggung jawab," demikian Dempo.( Rls)