Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Jelang Pemilu, Senator Riri Ajak Perkuat Sistem Demokrasi Pancasila


PedomanBengkulu.com
, Kepahiang - Empat bulan ke depan Indonesia akan menggelar pemilihan umum. Dalam pemilihan ini, rakyat Indonesia diberikan kesempatan untuk memilih presiden, wakil presiden, wakil-wakil daerah dan wakil-wakil rakyat di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan pemilihan umum bermartabat akan lahir bilamana dilandasi dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara.

"Pemilu sejatinya bukan sekedar memilih pemimpin, atau mengganti pejabat yang lama dengan yang baru. Pemilu adalah sarana untuk mewujudkan kehidupan kebangsaan dan kenegaraan yang adil dan makmur, sejalan dengan Pancasila dan UUD 1945," kata Hj Riri Damayanti John Latief mengenai sebuah kegiatan yang bertajuk "Sistem Demokrasi Pancasila, Menuju Pemilu Bermartabat", Kamis (12/10/2023).

Lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini menjelaskan, pemimpin yang terpilih dalam pemilihan umum mesti mewujudkan kehidupan berbangsa yang sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan, yaitu menjadikan masyarakat adil dan makmur.

"Pemimpin itu menjadi sebab bersatunya masyarakat dalam pemerintahan yang berdaulat. Pemimpin seperti ini dapat dihasilkan dari demokrasi yang cerdas, menjunjung tinggi prinsip-prinsip bernegara yang benar berbasis Pancasila," ujar Hj Riri Damayanti John Latief. 

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menekankan, pemilihan umum harus sama-sama dikawal agar berjalan dengan kondusif, jauh dari kegaduhan dan pertikaian yang akan sangat merugikan bagi kehidupan bangsa dan negara. 

"Alhamdulillah sejauh ini semangat yang tampak dari kontestan pemilihan umum 2024 adalah mengkampanyekan program atau jalan keluar terhadap masalah dan problem yang dihadapi bangsa ini, tidak lagi begitu menonjolkan kesukuan, ras dan kepentingan antargolongan. Semoga saja situasi kondusif ini akan berlangsung hingga Pemilu selesai,” papar Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepahiang ini menambahkan pentingnya masyarakat untuk menghindari pertikaian yang dipicu oleh berita hoaks, isu sara dan hate speech.

“Sama-sama lawan hoaks dan sukseskan Pemilu 2024 dengan cara yang berkualitas dan bermartabat. Pemilu 2024 harus melahirkan pemimpin yang benar-benar peduli dengan kehidupan masyarakat,” demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [*Muhammad Qolbi*]