Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dorong Produktivitas dan Kesejahteraan Petani Agar Terus Meningkat, Gubernur Rohidin Bagikan Alsintan pada Kelompok Tani Lebong


PedomanBengkulu.com, Lebong- Tahun 2023 melalui APBD, Pemerintah Provinsi Bengkulu menganggarkan alat dan mesin pertanian (Alsintan), di antaranya Handtraktor, Cultivator, Handsprayer, mesin pemotong rumput, power thresher, dan alat pertanian lainnya. 

Sesuai usulan yang disampaikan para kelompok tani, di Kabupaten Lebong diserahkan 1 unit Handtraktor untuk Poktan Bersatu Maju desa talang leak II, 2 unit Cultivator untuk Poktan Harapan Maju II dan Tani Karya II, 19 unit handsprayer untuk 19 Poktan, 10 unit mesin pemotong rumput untuk 10 Poktan dan ada juga pupuk organik cair. 

"Ditekankan alat-alat yang dibagikan ini bukanlah milik pribadi, tapi milik kelompok. Kita ingin menanamkan rasa kebersamaan dalam kelompok tani," ujar Gubernur Rohidin Mersyah usai menyerahkan bantuan Alsintan di SMAN 1 Lebong, Minggu (15/10). 

Lebih lanjut, pembagian Alsintan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada para kelompok tani agar terus produktif dan mendapatkan hasil panen yang melimpah. 

"Dengan ini kita berharap hasil usaha tani semakin meningkat, sehingga berdampak juga pada kesejahteraan para petani," terang Gubernur.

Lanjut Gubernur, selain pembagian alat pertanian, juga dibagikan bibit tanaman buah-buahan seperti kelengkeng, matoa, alpukat, durian, dan rambutan kepada Sekolah SMAN 1 Lebong. Hal ini agar lingkungan sekolah menjadi hijau karena ditanami oleh buah-buahan. 

"Coba nanti setiap kelas menanam pohon yang sudah dibagikan, dan terus dipantau sejauh mana perkembangannya sesuai tanggung jawab masing-masing. Nanti pihak sekolah bisa memberikan apresiasi, kelas mana yang berhasil menanam buah-buahan hingga tumbuh. Ini sebagai upaya memupuk rasa tanggung jawab pada diri siswa siswi," pungkas Gubernur.

Untuk diketahui Tahun 2023 ini melalui APBD, Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelontorkan bantuan Alsintan kepada 618 Poktan/UPJA dengan total 2.026 unit di antaranya Hansprayer Elektrik 987 unit untuk 300 Poktan, Handtraktor 34 unit untuk 34 Poktan, mesin pemotong rumput 123 unit untuk 123 Poktan, power thresher 10 unit untuk 10 Poktan, Cultivator 54 unit untuk 54 Poktan, Motor roda tiga 8 unit untuk 8 poktan, terpal plastik 300 unit untuk 54 poktan, dodos 250 unit untuk 13 Poktan, egrek 250 unit untuk 13 poktan, pompa air 3 inch 8 unit untuk 8 Poktan, dan combine harvester besar 2 unit untuk 2 UPJA. [Rls]