Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dapat DD Tambahan, Pemdes Kampung Muara Aman Siap Bangun Pojok Kulineran

PedomanBengkulu.com, Lebong - 
Berdasarkan ketentuan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2023, telah dialokasikan Tambahan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023. Selanjutnya ditetapkan penyalurannya melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 98 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Pasca ditetapkan menjadi salah satu desa penerima DD tambahan senilai Rp. 128 juta, Pemerintah Desa Kampung Muara Aman bergerak cepat untuk menyiapkan dokumen pendukung, serta melaksanakan rapat desa untuk  menetapkan penggunaan anggaran DD tambahan 2023. Berdasarkan hasil musyawarah desa, yang juga dihadiri Camat Lebong Utara dan unsur Tripika Lebong Utara. Pemdes Kampung Muara Aman dan BPD bersepakat, akan mengalokasikan DD tambahan untuk mendongkrak roda perekonomian dengan membangun pojok sentra kuliner berlokasi di pinggir Lapangan Hatta.

"Alhamdulillah desa kami mendapatkan DD tambahan senilai Rp.128 juta, hasil musyawarah desa dana digunakan untuk membangun pojok kulineran dalam mendukung peningkatan ekonomi warga. Untuk lokasinya, sudah disepakati di pinggir lapangan Hatta. Nantinya pengelolaannya diserahkan sebagai unit usaha BUMDes Kampung Muara Aman," ungkap Penjabat Kades Kampung Muara Aman Orbit Bijaksana kepada PedomanBengkulu.com Senin (23/10/2023) siang.

Dikatakan Orbit, setelah penetapan desanya masuk dalam salah satu desa penerima DD tambahan, dirinya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kemenkeu RI terkait kejelasan pengunaan DD tambahan tersebut. Kemudian sesuai dengan hasil musyawarah desa, dilanjutkan dengan melengkapi sejumlah dokumen persyaratan, termasuk surat pernyataan Kepala Desa terkait komitmen penganggaran tambahan Dana Desa dalam APBDes. 

"Seperti kita ketahui lapangan Hatta sering ada acara dan diharapkan dengan adanya pojok sentra kulineran nantinya juga Semoga dengan dibangunnya sentra kulineran dekat lapangan Hatta nantinya bisa mendongkrak ekonomi masyarakat, bukan hanya karena ada acara saja, tapi menjadi kawasan terpadu untuk kulineran masyarakat," singkatnya.[spy]