Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Ini Dampak Positif Dan Negatif Gadget Pada Remaja Anak - Anak

PedomanBengkulu.com, Mukomuko - (28 / 9) 2023, tidak dipungkiri lagi anak - anak yang berusia dini sudah tidak terlepas dari pengaruh Gadget, banyak ditemui di kalangan masyarakat mengunakan Gadget untuk membujuk anaknya yang sedang menangis dan rewel, dari usia anak 4 tahun sampai belasan tahun, sudah tidak terlepas dari Gadget ini.

Dari pantauan, Gadget ini sudah menjadi salah satu alat untuk membujuk anak - anak yang lagi rewel, akan tetapi terpisah dari dampak negatif nya juga ada dampak positif penggunaan Gadget ini. Pada perkembangan zaman yang semakin canggih pada saat ini, semua sudah menggunakan Gadget untuk menyelesaikan tugas sekolah dan juga untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang sekarang kita ketahui semuanya menggunakan setem online.

Berikut penjelasan dampak positif dan negatif dari Gadget yang dihimpun dari berbagai sumber.

- Dampak positif

1. Menambah ilmu pengetahuan

Gadget kini menjadi media yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi di mana pun dan kapan pun sehingga menambah wawasan dan pengetahuan. Bahkan, kini anak-anak sudah tak asing dengan barang ini. Mereka biasa mengakses internet untuk hiburan, maupun sebagai sarana untuk mengerjakan tugas sekolah mereka.

2. Mempermudah komunikasi

Ini adalah fungsi utama gadget, yakni membuat seseorang seolah-olah bertemu meskipun berbeda tempat. Melalui fitur Video call dari berbagai aplikasi yang ada saat ini, kita bisa tersambung dengan keluarga, teman atau pacar seperti bertatap muka langsung.

3. Memperluas jaringan pertemanan

Munculnya berbagai situs media sosial seperti line, instagram, path, skype memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan dari berbagai belahan dunia sekalipun. Gadget membuat dunia seakan-akan berada dalam genggaman kita.

- Dampak negatif

1. Risiko terkena radiasi

Menurut beberapa penelitian, menggunakan gadget terlalu sering akan rentan terkena radiasi, terutama pada anak kecil. Pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan perkembangan sistem saraf.

2. Kecanduan

Seperti sudah dibahas di atas, saat ini gadget bagi sebagian orang merupakan kebutuhan primer. Mereka tidak bisa dipisahkan. Hal ini membuat mereka kecanduan, terutama bagi yang hobi bermain game. Kecanduan seperti ini menyebabkan mereka kurang berinteraksi dengan orang lain.

3. Lambat memahami pelajaran

Kebiasaan kita yang asyik dengan gadget akan berpengaruh terhadap kemampuan otak untuk mendapat informasi. Salah satunya ketika medapatkan pelajaran di sekolah, mereka akan sulit memahami apa yang disampaikan guru. Selain itu, gadget juga membuat kita cenderung malas belajar serta membaca buku, sehingga berujung pada menurunnya prestasi.

4. Risiko penyalahgunaan

Kali ini adalah bahaya laten gadget bagi anak-anak terhadap penggunaan gadget apabila kita tidak mengawasinya. Di balik kemudahan kita mengakses informasi melalui gadget, akan menjadi riskan bagi anak-anak. Sudah banyak kasus pelajar yang berbuat cabul akibat kecanduan pornografi melalui gadget. Ini bisa membuat anak salah jalan, hingga membuat mereka melakukan hal–hal yang menyimpang.

Adapun sarannya, memanfaatkan waktu luang untuk aktivitas diri sendiri, baik sendiri maupun orang lain, dan menggunakan gadget sesuai kebutuhan dengan memahami fungsi manfaat dan dampak negatif. Orang tua harus mengawasinya dan memastikan anaknya mengakses konten dan informasi yang baik serta berguna di internet, adakan komunikasi orang tua untuk anak remaja soal fungsi gadget itu.(crew)