Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Edukasi Safety Riding, Astra Motor Bengkulu Uji Kemampuan Berkendara Karyawan TAF

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Mengusung tagline Cari_Aman, Astra Motor Bengkulu terus menggalakkan kegiatan edukasi dalam rangka mengkampanyekan kesadaran keselamatan berkendara di jalan raya. Kali ini edukasi safety riding diberikan kepada karyawan di Toyota Astra Financial Services (TAF) Bengkulu.

“Edukasi Safety Riding secara rutin kami berikan kepada semua masyarakat. Ini menjadi agenda rutin yang kami lakukan setiap bulan, tidak hanya kepada generasi milenial, namun juga bagi karyawan,”ungkap Noval Yunaidi selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Rabu (13/9).

Adapun tujuan kegiatan edukasi safety riding ini untuk memberikan kesadaran tertib berlalu lintas kepada masyarakat yang mobilitas sehari-harinya mengendarai sepeda motor. 

Lebih lanjut, materi edukasi safety riding yang disampaikan mulai dari semangat Cari_Aman, perlengkapan penunjang saat berkendara seperti Helm, Jaket, Sarung tangan, Celana Panjang, dan Sepatu. Pemahaman tentang pengetahuan peraturan lalu lintas, teknik dasar berkendara, hingga memprediksi bahaya ketika berada di jalan serta tips kesiapan motor sebelum berkendara.

"Kegiatan di bagi menjadi tiga tahap yaitu pertama peserta di lakukan pengujian kemampuannya dalam pemahaman mengenai keselamatan berkendara, dan di tahap selanjutnya diberikan sesi penyampaian materi. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan diskusi #Cari_aman, hingga akhirnya mendapatkan pengujian kembali mengenai materi keselamatan berkendara setelah edukasi selesai," jelas Noval.

Hal-hal yang harus diperhatikan supaya aman saat berkendara.

1. Awareness

Dalam berkendara, kepedulian akan keselamatan diri sendiri dan orang lain harus diperhatikan. 

Oleh sebab itu awareness bagi pengguna ini perlu mempelajari beberapa faktor-faktor yang mungkin akan menjadi penyebab kecelakanaan seperti faktor manusia, faktor kendaraan dan faktor lingkungan. Keselamatan diri sendiri penting namun keselamatan orang lain juga penting ketika kita berkendara dijalan raya.

2. Teknik Berkendara

Teknik dalam berkendara juga harus diperhatikan karena setiap kendaraan pastinya memiliki teknik yang berbeda-beda, namun teknik paling umum dalam berkendara merupakan hal wajib yang harus di pelajari seperti teknik menikung dan Teknik pengereman. 

3. Prediksi Bahaya

Pentingnya kemampuan seseorang dalam memprediksi bahaya tentunya merupakan hal sangat menguntungkan bagi pengendara agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. 

Noval mengharapkan, kegiatan ini dapat diterapkan untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara, salah satunya mematuhi lalu lintas, dan mengenakan perlengkapan berkendara sesuai standar seperti helm, jaket dan sepatu.  

"Kami berharap, edukasi keselamatan berkendara yang kami berikan ini dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Agar berkendara lebih aman dan selamat sampai ke tempat tujuan,”pungkasnya.[KC06]