Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Merawat Knalpot Motor, Lakukan Hal Ini Biar Awet


PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Knalpot merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan bermotor. Knalpot bertugas untuk memproses hasil pembakaran antara oksigen dan juga bahan bakar yang terjadi diruang bakar untuk dimanfaatkan sebagai penyuplai tenaga tambahan. 

Karena itu, knalpot juga perlu mendapatkan perhatian khusus untuk menghindari terjadinya kerusakan akibat karat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang harus dilakukan agar knalpot motormu lebih awet.

Pertama, biasakan memanaskan mesin secukupnya agar mesin motor bisa membuat motor terjaga dan dalam kondisi yang optimal.

Cara ini cukup efektif jika digunakan pada motor 4 tak supaya knalpotnya tidak akan cepat menguning atau berkarat karena terpapar panas dari mesin. 

Cara kedua agar knalpot motor awet yaitu membersihkan lubang buang yang ada pada silincer dengan menggunakan oli secukupnya. Metode ini bisa diterapkan setidaknya 2 bulan sekali. Dengan membersihkan lubang buang pada silincer secara rutin maka akan membuatnya tetap awet dan tentu bisa mencegah terjadinya kebocoran karena keroposnya knalpot dibagian silincer ataupun leher knalpot yang dapat mengakibatkan kualitas suara menjadi jelek.

Ketiga, pastikan selalu membersihkan knalpot setelah motor terkena hujan. Karena, Knalpot yang tidak rajin dibersihkan setelah terkena air hujan akan menimbulkan kerak yang semakin lama akan menyebabkan knalpot menjadi berkarat. 

Selanjutnya, memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak pada knalpot dan memeriksa baut di sekeliling knalpot. Pengecekan ini harus dilakukan secara rutin, sebab baut yang kendor bisa menyebabkan beberapa masalah seperti suara knalpot yang menjadi lebih bising dan juga membuat proses pembuangan gas menjadi tidak lancar sehingga mengakibatkan bahan bakar menjadi lebih boros.

Cara terakhir untuk merawat knalpot motor adalah dengan memeriksa lubang pembuangan air. Lubang tersebut terdapat pada bagian bawah silencer dan ada disetiap knalpot motor. Pengguna sepeda motor harus memeriksa lubang ini untuk memastikan apakah lubang tersebut tersumbat kotoran atau tidak.

Jika lubang tersebut tersumbat sesuatu, maka harus segera dibersihkan menggunakan alat tusuk seperti paku, kawat, atau alat tusuk lainnya.

Lubang pembuangan air yang tidak tersumbat apapun bisa membuat akses pembuangan air menjadi lebih lancar. Hal ini bisa mencegah terjadinya karat atau korosi pada knalpot.

Menurut Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Bengkulu Rangga Noviar, perawatan pada knalpot adalah hal penting yang harus diperhatikan dengan baik oleh pengguna motor, sebab bagian ini sering dilupakan.

"Pada kenyataannya, bagian ini juga cukup vital untuk kendaraan bermotor yang harus tetap dijaga untuk membuat motor selalu berada dalam kondisi prima. Perawatan bisa dilakukan sendiri di rumah atau pada saat melakukan servis secara berkala di AHASS terdekat," ujarnya.[KC06]