Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Mengenal Ponpes Darul Furqan, Pahang Malaysia

 

PedomanBengkulu.com, Pondok Pesantren Darul Furqan adalah lembaga pendidikan Islam yang berada di Bentong, Pahang, Malaysia, dikenal dengan nama lengkap Yayasan Tahfiz Darul Furqan Bentong (YTDFB). Ponpes adalah sebuah institusi Pengajian Agama Islam yang terdaftar di Jabatan Agama Islam Pahang.

Ponpes ini dirintis sejak 2003, kemudian terus maju dan berkembang, hingga pada suatu majelis  musyawarah dengan para stakeholders pada 2010 diputuskan bahawa YTDFB bukanlah milik perseorangan tetapi milik orang Islam secara kolektif dan bersama. 

Oleh itu, YTDFB telah didirikan oleh 4 orang pemegang amanah iaitu T.H Dato’ Syed Mohd Nor Bin Syed Jaafar, T.H. Dato’ Aziz Mohammed Bin Mohamed Ali, Dato’ Mohamed Azlan Shah Bin Aziz Mohammed dan Y.H. Dato’ Haji Mas’ut bin Haji Awang Samah dan dibantu oleh ahli Syura. Terdiri daripada 5 orang tenaga pengajar dan saat ini santri 51 orang. 

Ponpes ini memiliki visi: membimbing, mendidik dan menjalani aktiviti kemasyarakatan dalam mewujudkan peribadi muslim taqwa yang tafaqquh fiddin.

Misi: Menegakkan, mengembang, berdakwah dan memperjuangkan cita cita islamiah sesuai dengan kehendak Al-Quranul Karim dan Sunnah Rasulullah S.A.W.

Ponpes YTDFB ini memiliki bangunan yang luas dan modern. Bangunan ini terdiri dari empat lantai. 

Lantai pertama digunakan untuk ruang kantor, dapur, tempat makan, dan mushola. Lantai kedua digunakan untuk kelas belajar. Lantai ketiga digunakan untuk asrama santri putra. Lantai keempat digunakan untuk asrama ustadz. Belum ada pondok putri. 

Pondok Pesantren Darul Furqan memiliki jumlah santri yang sengaja dibatasi, yaitu sekitar 80an orang untuk menjaga kualitas. 

"Kapasitas pondok boleh sampai 120 anak, tapi kami batasi hanya sekitar 80an anak" jelas Bang Azam, seorang pengurus. 

Santri dan Ustadz berasal dari berbagai daerah di Malaysia, Indonesia, Bangladesh, Afghanistan, Singapore, Thailand, Philippine, Cambodia dan China. Pondok pesantren ini memiliki tempat parkir yang lapang, bahkan terdapat lapangan sepak bola yang cukup luas untuk olahraga santri. 

YTDFB memberikan berbagai macam fasilitas kepada santrinya, seperti:

* Asrama yang nyaman dan bersih
* Ruang kelas yang luas dan modern
* Perpustakaan yang lengkap
* Mushola yang bersih dan nyaman
* Lapangan sepak bola
* Dapur umum yang menyediakan makanan sehat dan halal

Pondok Pesantren YTDFB juga memiliki berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh santrinya, seperti:

* Tahfiz Al-Qur'an
* Tilawah Al-Qur'an
* Pelajaran Hadits 
* Olahraga, dll

YTDFB merupakan salah satu pesantren terbaik kualitasnya di Malaysia. Pesantren ini telah banyak mencetak generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, dan berprestasi. 

"Uang deposit hanya seribu ringgit, uang bulanan duaratus lima puluh ringgit, itu bagi yang mampu. Anak yatim dan tak mampu percuma/gratis" lanjut Bang Azam. 

Jika Anda mencari ponpes yang menyediakan pendidikan terbaik untuk putra Anda, maka Pondok Pesantren YTDFB adalah pilihan yang tepat. Untuk informasi Anda dapat menghubungi nomor telepon: +60 19-691 2020. (sk)