Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lakukan Pembelian Hanya di AHASS, Simak Interval Ganti Busi Sepeda Motor Honda!

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Spark Plug atau yang biasa disebut busi adalah salah satu komponen sepeda motor yang memiliki peran penting untuk memicu terjadinya proses pembakaran di ruang mesin. 

Termasuk dalam komponen fast moving, busi motor perlu diganti secara berkala. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran yang berlangsung di mesin tetap optimal.

Disampaikan Kepala Bagian Spare Part Astra Motor Bengkulu, Anton Pangalila, waktu ideal untuk mengecek busi adalah tiap 4.000 kilometer. 

"Berdasarkan buku pedoman pemilik sepeda motor disarankan untuk lakukan pergantian setiap 8.000 KM atau tergantung kondisi busi. Untuk mempertahankan kondisi busi dan mesin sepeda motor tetap optimal, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan berkala di bengkel AHASS terdekat," katanya.

Namun, selain itu juga bisa dikenali dengan beberapa kendala yang dialami oleh motor jika sudah waktunya untuk mengganti busi.

Dilansir dari laman resmi Astra Motor Bengkulu, Berikut ciri-cirinya:

Pertama, perhatikan suara mesin saat mesin dihidupkan. Suara mesin saat langsam atau diam biasanya terdengar halus dan konstan. Tapi jika suara mesin terdengar kasar dan membuat motor terasa getaran kemungkinan busi motor Anda perlu diganti.

Kedua, ketika mesin motor mulai sulit untuk dihidupkan baik menggunakan electric starter maupun kick starter. Hal ini dikarenakan busi tidak memberikan percikan api yang cukup pada pengapian di ruang bakar yang mengakibatkan motor akan susah dinyalakan. Kerusakan pada busi juga dapat memicu aki menjadi boros.

Ketiga, adanya missed fire dalam ruang bakar alias silinder. Gejalanya adalah mesin berhenti sesaat (delayed) dan kembali berfungsi seperti biasa.

Keempat, busi mati juga bisa terjadi akibat setingan mesin yang tidak tepat. Seperti adanya surging atau pasokan udara yang terlalu besar di ruang bakar. Udara yang terlalu banyak juga akan menyebabkan busi cepat kotor dan akan mati, periksakan setelan karburator atau sistem injeksi pada mesin secara berkala. Jika motor mulai terasa boros, itu merupakan gejala busi juga perlu diganti karena proses pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar.

Kelima, saat busi bermasalah, motor biasanya jadi tidak responsif saat dibuka gasnya, sehingga akselerasi terasa tertahan.

Keunggulan Memilih Suku Cadang Asli Honda

Selain keselamatan yang lebih terjamin, membeli suku cadang asli Honda banyak untungnya. Berikut ini beberapa informasinya:

1. Lebih Tahan Lama.

Produk yang original pasti mempunyai ketahanan yang lebih baik. Tidak gampang rusak, sehingga membuat performa motor tetap optimal.

2. Terjamin Aman.

Dengan menggunakan sparepart asli, keamanan berkendara lebih terjamin karena kualitas produk sparepart yang terpercaya dan sudah di sesuaikan.

3. Sparepart asli sudah di sesuaikan dengan spesifikasi motor Honda.

Sparepart asli sudah pasti sesuai dengan jenis motor yang anda pakai sehingga lebih presisi sehingga nyaman dan pas di gunakan. 

"Apabila Anda ingin mendapatkan aftersales yang bagus, maka memilih suku cadang asli Honda jelas tidak akan ada ruginya," tutup Anton.[KC06]