Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri Bumikan Tuntunan Islam dalam Kebhinekaan di Kepahiang Bersama Pendakwah Kondang

PedomanBengkulu.com, Kepahiang - Berkolaborasi dengan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Kepahiang, Dewan Masjid Indonesia, Majelis Al-Mishri dan Sayapa Dakwah Armina, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menggelar Safari Dakwah, Ahad (21/5/2023).

Safari Dakwah ini menghadirkan sosok pendakwah kondang, Syekh Ahmad Al-Misry, seorang ulama asal Mesir yang biasa menjadi narasumber Damai Indonesiaku di TV One dengan syiar dakwah Islamnya yang khas menggunakan bahasa menenangkan.

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, Safari Dakwah ini sengaja mengangkat tema "Tuntunan Islam dan Kebhinekaan" untuk merawat semangat kebhinekaan yang memang sejak dahulu telah tertanam dalam Islam.

"Islam adalah agama yang memanusiakan masyarakat, menjunjung tinggi nilai peradaban, mengedepankan kerukunan, mengutamakan perdamaian, toleran terhadap ragam kepercayaan. Semangat ini harus lestari. Inilah tujuan kegiatan ini," kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, arus globalisasi yang masuk ke Indonesia dalam beberapa dekade terakhir tidak hanya membawa dampak positif kian mudahnya komunikasi terjalin antara masyarakat dunia menuju modernisasi.

"Tapi juga ada dampak negatifnya seperti terkikisnya nilai-nilai kebhinekaan dalam Islam tadi yang menggerus rasa saling toleran dan sikap kepedulian untuk saling gotong royong. Bila dibiarkan generasi ke depan akan kehilangan jati diri sebagai seorang Islam, sebagai seorang Indonesia," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Kepahiang ini menambahkan tentang perkara pentingnya membangun pribadi yang bertakwa kepada Allah subhanahu wata'ala, Tuhan Yang Maha Esa, melalui berbagai kegiatan seperti melalui Safari Dakwah ini.

"Forum-forum seperti ini menciptakan iklim kesalehan di tengah-tengah masyarakat, meningkatkan silaturahmi, pluralisme yang harmonis. Semoga dengan keberkahan ulama yang dihadirkan pada acara ini, silaturahmi yang terjalin antar masyarakat, menjadikan Kepahiang sebagai kabupaten yang semakin maju, mandiri dan sejahtera," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Tampak hadir dalam acara ini Ketua Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief, Ketua PDPM Kepahiang Abdul Rokhim bersama para tamu undangan lainnya.

Selain kajian dari Syekh Ahmad Al-Misry, acara ini juga diisi dengan penampilan dari Sekolah Dasar Muhammadiyah 5 Kabupaten Kepahiang dan TK Aisyiah 4 Kabupaten Kepahiang. [**]