Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Safety Riding: Jangan Asal, Ini Cara Aman Menggunakan Helm Saat Berkendara

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Helm merupakan salah satu perlengkapan yang harus dipakai saat mengendarai sepeda motor. Aturan ini tertuang pada pasal 57 ayat 1 dan 2 Undang-undang (UU) No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Namun, menggunakan helm juga tidak bisa sembarangan karena tidak semua helm mempunyai kualitas yang sama.

Dalam keterangannya melalui pesan WhatsApp kepada media ini, Kamis (25/5), Noval Yunaidi selaku Instruktur safety riding Astra Motor Bengkulu mengimbau seluruh pengendara sepeda motor menggunakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Sesuai dengan peraturan undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 menggunakan helm Standar Nasional Indonesia saat berkendara motor wajib bagi pengendara maupun penumpang," terang Noval. 

Selanjutnya, pilihlah helm yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan ukuran kepala. Serta Pilih kaca helm berwarna bening yang akan membantu melindungi visibilitas mata dari debu maupun object bertebaran selama berkendara baik di siang maupun malam hari. 

“Pastikan helm yang kita pilih telah sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Ukuran yang pas akan menjaga sirkulasi udara di kepala," lanjutnya.

Selain itu, helm juga harus dilengkapi tali pemegang, jaring helm (bagian dalam helm yang langsung bersentuhan dengan kepala) dan pet (tambahan dari tempurung yang berada di atas mata). 

"Saat memakai helm, penting bagi pengendara motor untuk mengancingkan tali helm. Supaya, ketika terjadi benturan, helm tidak mudah lepas dan bisa meminimalisir benturan," pesan Noval.

Fungsi Helm Khususnya Bagi Pengendara Sepeda Motor

Salah satu fungsi utama dari memakai helm yakni melindungi kepala saat berkendara dari kejadian yang tidak di inginkan sekaligus untuk menutup kepala agar berkendara tetap aman.

Helm juga melindungi penglihatan pengendara dari segala macam gangguan yang dapat membuat mata iritasi terkena debu dan kotoran yang berterbangan saat mengendarai sepeda motor. 

Dengan memakai helm saat berkendara juga melindungi kepala dari panasnya terik matahari.

Saat hujan turun, helm juga akan sangat membantu untuk membuat kepala, wajah dan rambut pengendara tetap kering.

“ Mengenakan helm juga bisa membuat penampilan menjadi lebih keren," tutup Noval.

Jenis helm yang dianjurkan saat berkendara di jalan raya

1. Full Face
Helm full face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan full, termasuk kepala dan wajah. Helm jenis ini sangat dianjurkan untuk digunakan pada motor sport. Disarankan untuk penggunaan jarak jauh dan dalam kecepatan tinggi.


2. Half Face
Helm half face adalah jenis helm yang memiliki perlindungan kokoh di bagian kepala, sementara area muka hanya menggunakan kaca plastik, jadi wajah pengendara masih terlihat.

Helm half face lebih mudah dipakai dan dilepaskan, sehingga cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari. Alasannya karena lebih praktis, lebih ringan, area depan terbuka sehingga jangkauan visual lebih luas. Meski demikian, untuk riding berat atau kondisi lainnya pengendara lebih disarankan menggunakan helm full face.[KC06]