Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Amankan Pelaku "Ngibon", Kasat Pol PP Tekankan Peran Orang Tua

PedomanBengkulu.com, Lebong - Guna menekan angka penyalahgunaan lem Aibon di Kabupaten Lebong, Rabu (10/5/2023) malam, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP ) Kabupaten Lebong melakukan razia disejumlah lokasi, yang biasa digunakan untuk mengisap lem Aibon. Dari beberapa wilayah yang didatangi, Satpol PP Lebong berhasil mengamankan 10 orang remaja yang kedapatan sedang mengisap lem Aibon di Desa Semelako III Kecamatan Lebong Tengah. Bahkan dari hasil operasi tersebut, anggota Satpol PP menemukan para pelakunya mayoritasnya anak-anak, yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Kasat Pol PP Lebong, Andrian Aristiawan menyebutkan, agenda patroli disejumlah titik yang diduga biasa digunakan untuk aktifitas ngibon ini berdasarkan laporan dari masyarakat, yang menyebutkan Kecamatan Lebong Tengah banyak anak-anak melakukan aktifitas penyalahgunaan lem Aibon. Dengan menggandeng Polsek Lebong Tengah, dalam operasi tersebut terjaring 10 orang.

"Mereka yang berhasil kita amankan 10 orang, sebenarnya jumlah mereka lebih banyak lagi. Tapi keburu kabur saat anggota Satpol PP tiba," ungkap Andrian kepada PedomanBengkulu.com Kamis (11/5/2023) pagi.

Setelah transit dan pendataan awal di Mapolsek Lebong Tengah, lanjut Andrian, kesepuluh remaja yang diamankan langsung dibawah ke Kantor Satpol PP Lebong untuk didata dan diberi pembinaan, agar tidak mengulangi perbuatannya dengan jaminan orang tua masing-masing yang juga ikut dipanggil. Karena sekeras apapun pihaknya melakukan razia dan pembinaan, sambung Andrian, selama tidak ada keterlibatan para orang tua tentunya anak-anak akan susah untuk dibina.

"Seluruh anak-anak termasuk orang tuanya, kita data dan diberikan pembinaan. Pukul 4.00 WIB subuh tadi (Kamis,11/5/2023) semuanya sudah dikembalikan ke orang tua masing-masing, setelah membuat surat pernyataan diatas materai. Yang pasti untuk menekan atau mencegah prilaku penyalahgunaan Lem Aibon ini, sebenarnya lebih kepada peran orang tua yang harus lebih aktif lagi untuk mendidik dan menjaga pergaulan anak-anaknya," tutupnya.[spy]