Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Wali Kota Helmi Hasan Sambangi Kedubes Turki, Serahkan Bantuan Korban Gempa

Wali Kota Helmi Hasan bersama Wakil Duta Besar Turki Omar Orhun Celikkol


PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dan rombongan menunaikan janji menyambangi Kedutaan Besar Turki di Jakarta pada Kamis (09/2/2023). Kedatangan ini dalam rangka menyerahkan bantuan Masyarakat Kota Bengkulu melalui program sedekah 2 ribu kepada korban Gempa Turki dan Suriah. 

Kedatangan Helmi Hasan dan rombongan disambut Wakil Duta Besar Turki di Indonesia, Omar Orhun Celikkol.

Usai menerima bantuan tersebut, Kedutaan Besar Turki di Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih atas empati dan solidaritas Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan dan seluruh warga Bengkulu. 

"Kami sangat Berterima Kasih atas solidaritas yang telah ditunjukkan oleh Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan. Saya baru saja mendapat bantuan yang murah hati dan ini akan disampaikan kepada para korban gempa dahsyat," kata Wakil Duta Besar Turki di Indonesia, Omar Orhun Celikkol.

Omar memastikan bantuan berupa uang tunai itu akan diberikan dan dikirim kepada korban gempa di Tukri dan Suriah yang membutuhkan. 

"Atas simpati yang telah diberikan kepada kami dan kami memastikan bantuan akan diberikan. Ini adalah sikap murah hati dari Walikota, ini akan dikirim kepada orang-orang yang membutuhkan sesegera mungkin, kami berterima kasih atas solidaritas ini, sekali lagi terima kasih," tandasnya. 

Sebelumnya, Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan menyampaikan duka cita mendalam atas musibah gempa dahsyat di Turki dan Suriah. Update terkini sudah ribuan orang meninggal dunia. 

Sebagai bentuk empati, Helmi akan menyerahkan bantuan secara langsung di kedutaan besar Turki di Jakarta. 

"Kita berduka atas musibah gempa bumi di Turki dan Suriah, dan insyaAllah besok kita akan langsung bertolak ke Turki dan Suriah, ke kedutaan besarnya yang ada di Jakarta untuk menyerahkan bantuan dari Masyarakat Bengkulu, Bantuan ini dari program gerakan sedekah 2 ribu yang dikumpulkan oleh baznas. Jumlahnya kurang lebih sekitar 100 Juta Rupiah," kata Helmi Hasan, Rabu (8/2/2023).

Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu ini juga menekankan pentingnya membantu dan saling bersolidaritas atas musibah tersebut, terlebih masyarakat Bengkulu merupakan bagian dari masyarakat dunia. 

"Jadi 50 juta untuk saudara-saudara kita di Turki dan 50 juta lagi insyaAllah untuk di Suriah. yang terpenting adalah kita merasa bagian dari masyarakat dunia, sehingga jika ada masyarakat dunia yang mengalami kesusahan menjadi hal yang sangat wajar dan seharusnya kita saling membantu," tandasnya. 

Seperti diketahui, Korban tewas yang telah terkonfirmasi akibat gempa Turki dan Suriah berkekuatan M 7,8 mencapai 8.364 orang. Data resmi pemerintah dan otoritas medis mencatat sebanyak 5.894 orang tewas di Turki dan 2.470 lainnya di Suriah.