Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Ribuan Mahasiswa Poltekes Kemenkes Bengkulu Unduh Aplikasi Mobile JKN

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Guna memastikan seluruh mahasiswa telah memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu bekerjasama dengan Poltekes Kemenkes RI menggelar Sosialisasi Program JKN kepada seluruh mahasiswa, Jum'at (10/2).

Kepala Bidang Perluasan, Kepatuhan dan Pemeriksa BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Ricco Hanggara menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara BPJS Kesehatan dengan Poltekes Kemenkes Bengkulu beberapa waktu lalu.

"Dengan menjadi peserta JKN, maka mahasiswa tidak perlu lagi khawatir ketika jatuh sakit dan jauh dari orang tua karena sudah ada jaminan kesehatan. Mahasiswa juga ke depannya akan menjadi ujung tombak petugas pelayanan kesehatan, baik di FKTP maupun di rumah sakit, sehingga penting untuk mengetahui Program JKN ini," ujar Ricco di hadapan ribuan mahasiswa tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ricco juga mengenalkan berbagai keunggulan yang ditawarkan fitur-fitur dalam Aplikasi Mobile JKN. Masyarakat yang ingin mengakses informasi dan mengubah data terkait Program JKN, dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN.

"Aplikasi ini menyediakan banyak fitur, di antaranya pengurusan administrasi bagi peserta Program JKN seperti pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), ubah data peserta, pendaftaran pelayanan, jumlah tagihan iuran, konsultasi dokter, penjadwalan tindakan operasi, skrining dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang bisa dilakukan secara mandiri, cepat dan realtime,” kata Ricco.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Poltekes Kemenkes Bengkulu, Linda mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung Program JKN yang memberikan jaminan kesehatan kepada mahasiswa setempat. Ia pun menuturkan bahwa Poltekes Kemenkes Bengkulu turut mendukung Inpres 1 tahun 2022 dan Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 5 tahun 2022 dengan memastikan seluruh mahasiswa dan mahasiswinya terdaftar sebagai peserta Program JKN aktif. 

"Sebagai langkah awal, kami mendaftarkan sekitar 210 mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bengkulu angkatan pertama tahun 2022 yang belum memiliki jaminan kesehatan. Pada hari ini kami segera lakukan registrasi pendaftaran melalui mekanisme PBPU Kolektif. Dengan melibatkan petugas BPJS Kesehatan, kami juga menjelaskan ke mahasiswa bagaimana cara registrasi Aplikasi Mobile JKN,” ujar Linda.[Rls]